oleh

Kantor Desa Karombo Diduga Dibakar

 

DOMPU—Kantor Desa Karombo Kecamatan Pekat Dompu diduga dibakar oleh orang tak dikenal pada senin malam kemarin. Walaupun tidak sampai menghanguskan seluruh bangunan, tetapi insiden itu telah menimbulkan berbagai spekulasi terutama terkait dengan perpolitikan didesa yang bersangkutan.

          Didesa itu baru saja selesai dilakukan pemilihan kepala desa, dan terjadi selisih dua suara dengan yang menang. Menang tipis itu membuat figure yang kalah keberatan karena dinilai proses pemilihan berlangsung curang dan mengajukan surat keberatan secara resmi kepada pemerintah.

          Sebelum keberatan itu dijawab, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk melantik Kades yang menang dan rencananya akan dilakukan pada rabu pagi hari ini, tetapi sebelum Kades dilantik kantor desa keburu dibakar orang tak dikenal.

          Kapolres Dompu AKBP Beni Basyir Warmansyah melalui Kapolsek Pekat Iptu Sarbini membenarkan terbakarnya kantor desa Karombo, hanya saja penyebab kebakaran tersebut masih dalam penyelidikan petugas. Menurutnya kebakaran itu tidak menghanguskan seluruh gedung tetapi hanya ada beberapa bagian yang dijilat api.

          Diakuinya kebakaran itu dikaitkan dengan rencana pelantikan Kades pada rabu hari ini, tetapi semuanya kata Sarbini akan dibuktikan dengan penyelidikan. ‘’Kepolisian masih melakukan penyelidikan atas terbakarnya kantor desa ini,’’ paparnya.

          Sementara ketua komisi I DPRD Dompu bidang aparatur Sirajuddin SH menyesalkan rencana pelantikan pada rabu ini, padahal ada pihak yang yang sedang mengajukan keberatan. Dalam aturanya kata Sirajuddin bila ada sengketa Pilkades maka akan diselesaikan oleh Arbitrase yang mana timnya dari eksekutif dan DPRD melalui komisi I dan pihak lain.

          Tetapi sejauh ini kata Sirajuddin tidak ada upaya penyelesaian melalui tim arbitrase dimaksud, malah langsung melakukan pelantikan. ‘’Saya nilai ada proses yang dilanggar,’’ tegasnya.

          Sedangkan kepala Badan Pemerintahan Desa Dompu H Supardi sedang tidak berada ditempat karena sudah menuju kekecamatan Pekat. Namun demikian beberapa stafnya mengakui kalau undangan pelantikan Kades sudah diedarkan dan akan dilakukan rabu.

 

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]

News Feed