oleh

Prodi Akutansi STIE Yapis di Visitasi BANPT

DOMPU—Program studi akutansi STIE Yapis Dompu, kemarin di visitasi oleh tim dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT). Tim itu terdiri dari dua orang yakni, Prof. Dr. Unti Lidikdo dari Universitas Brawijaya Malang dan Dr. Abdul Hamid Habbe dari Universitas Hasanuddin Makasar.

Ketua Yapis Dompu, Furqan, SH menjelaskan, STIE Yapis Dompu memiliki dua program studi yakni, menajemen dan akutansi. Yang dinilai adalah, delapan standar perguruan tinggi yang terangkum dalam tridarmanya masing-masing. ‘’Prodi menajemen sudah divisitasi sejak 5 November 2012 lalu, sedangkan prodi akutansi jadwalnya hari ini (kemarin,red),” ujar Furqan.

Sebelum dikeluarkan jadwal visitasi oleh BANPT, pihaknya terlebih dahulu mendaftarkan sejumlah prodi pada bulan Mei 2012. Saat itu, sekitar 3.200 prodi mengantri. ‘’Tapi, alhamdulillah jadwal visistasi Yapis lebih cepat keluarnya,” katanya.

Visitasi ini kata dia, dilakukan untuk memperoleh pengakuan akreditasi dari BANPT. Karena kedepan, perguruan tinggi tidak lagi bisa mengeluarkan ijasah, apabila, tidak berlabel akreditasi. Hal tersebut, sesuai dengan Undang-Undang (UU) sistim kependidikan nomor 20 tahun 2003.

Proses ini juga, dilakukan dalam rangka memotivasi PT untuk menuju kepenjaminan mutu pendidikan. ‘’Setelah tahun 2013, ada sangsi bagi PT yang mengeluarkan ijasah tanpa mengantongi label akreditasi,” tuturnya. Sangsi tersebut, ijasah yang dikeluarkan akan dicap illegal.

Begitu juga dengan pimpinan PT akan mendapat sangsi. ‘’Inilah pentingnya mendapat pengakuan akreditasi,” ungkapnya. Selain visitasi Prodi STIE, pihaknya juga, sudah mendapat jadwal visitasi dua Prodi di STKIP Yapis, yakni Prodi Bahasa Indonesia yang dijadwalkan 30 November serta Prodi Sejarah yang dilaksanakan 5 Desember 2012 mendatang. ‘’Untuk Prodi lainnya di STKIP, seperti TIK, SI PGSD, Bahasa Inggris dan Penjaskes belum mendapat jadwal.

Karena ijin operasionalnya baru satu tahun. Sedangkan, syarat visitasi harus sudah melakukan perpanjang ijin. Sementara masa berlaku ijin kami diberikan dua tahun,” jelasnya. Yapis Dompu katanya, memiliki dosen yang sudah mengantongi ijasah S2 sebanyak 45 orang, baik yang mengajar di STIE maupun STKIP. Mahasiswa STIE, berjumlah 956. Sedangkan, STKIP sebanyak 1.119. ‘’Total jumlah mahasiswa ini, terdiri dari berbagai Prodi,” ujarnya.

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]