Suara Jokowi-JK Kosong Di TPS 5 Madaparama Dompu

97

DOMPU—Suara kosong bagi perolehan pasangan Capres ternyata tidak hanya terdapat di pulau Jawa, di Kabupaten Dompu terdapat satu TPS yang sama sekali tidak ada untuk pasangan Jokowi-JK. Itu terjadi di TPS 5 Desa Madaparama Kecamatan Woja Dompu. Dari 270 pemilih seluruhnya untuk pasangan Prabowo Hatta.

Dari penelusuran yang dilakukan memperlihatkan jumlah pemilih dalam DPT sebanyak 274 orang, tetapi yang memberikan hak suara sebanyak 270 orang. TPS 5 Madaprama adalah TPS nya mantan Kades Suharno yang juga menjadi calon anggota DPRD Kabupaten Dompu dari Partai Gerindra pada pileg lalu.

Ketua PPK Woja Drs M Amin yang dikonfirmasi mengakui kalau diwilayahnya memang ada satu TPS yang kosong perolehan pasangan capresnya. Dia juga tidak mengerti kenapa sampai tak satupun yang memberikan hak pilihnya pada pasangan Jokowi-JK.

Apakah terjadi kecurangan?, M Amin mengakui kalau sejauh ini tidak ada laporan terkait dengan kecurangan dimaksud. ‘’Tak pernah ada laporan apapun,’’ urainya.

Ketua timses Jokowi-JK Imansyah Soebari mengakui tidak tahu kalau ada TPS yang sampai kosong perolehan pasangan capresnya. Tetapi patut diduga telah terjadi sesuatu sehingga pemilih yang ada di TPS itu mengarahkan suaranya hanya kepada satu pasangan calon. ‘’Ini juga mengherankan,’’ kata dia di gedung KPUD.

Ketua KPUD Dompu Ir Rusdianto membenarkan adanya satu TPS yang perolehan suaranya kosong untuk satu pasangan capres. Diketahuinya ada setelah pihaknya memeriksa laporan C1 yang ada. Dia juga mengakui tidak ada laporan apapun terkait dengan perolehan kosong bagi pasangan Jokowi-JK.

Sehingga menurutnya perolehan suara untuk Prabowo-Hatta telah sesuai dengan ketentuan UU, apalagi hasil Pileg di TPS telah ditanda tangani oleh saksi Jokowi-JK atas nama Nurjanah. Dia juga menduga si saksi Jokowi-JK juga memberikan hak suaranya kepada pasangan Prabowo-Hatta. ‘’Tidak ada laporan apapun sampai saat ini,’’ terang Rusdianto.

Komentar