oleh

Tak Ada Lagi Anggaran Untuk KONI

Ketua DPRD : Bonus Rp 1 Milyar Sudah Disediakan Dalam APBD 2014

DOMPU—DPRD Dompu memastikan tidak akan ada lagi anggaran untuk KONI, sebab pada APBD tahun 2014 lalu telah disediakan anggaran sebesar Rp 3,5 milyar termasuknya didalamnya sebesar Rp 1 milyar untuk bonus atlit. Salah

seorang anggota DPRD Dompu Drs Syafrin AM, mengaku heran atas sistem tata kelola keuangan KONI Dompu. Dalam pembahasan APBD tahun 2014 sudah jelas tertuang bonus atlit karena pemerintah tidak ingin mengecewakan perjuangan atlit yang mengharumkan nama daerah. ‘’Notulen rapatnya pasti ada, bonus atlit disediakan lewat APBD,’’ ujar Syafrin.

Kalaupun saat ini kembali eksekutif mengajukan tambahan anggaran untuk membayar bonus atlit maka perlu dipertanyakan sistem tata kelola keuangan pada KONI Dompu. DPRD kata dia pasti akan mempertimbangkan dengan serius mengingat sebelumnya telah digelontorkan anggaran yang cukup besar.

Sementara secara terpisah ketua DPRD Dompu Rafiuddin H Anas SE menegaskan bahwa bonus atlit telah disediakan dalam APBD murni tahun 2014. Bahkan nilainya tidak tanggung-tanggung sebesar Rp 1 miliyar. Pihaknya hingga hari ini masih mengingat dengan jelas proses lahirnya anggaran untuk bonus atlit sebesar Rp 1 miliyar tersebut.

Semula eksekutif mengajukan anggaran untuk KONI hanya sebesar Rp 2,5 miliyar, tetapi mengingat tahun 2014 ada kegiatan Poprov maka DPRD berpendapat agar anggaran untuk KONI ditambah lagi hingga sebesar Rp 3,5 miliyar. ‘’Sehingga Rp 1 miliyar khusus untuk bonus atlit,’’ terangnya.

Kalaupun saat ini akan diminta lagi tambahan melalui anggaran APBD perubahan, maka Rafiuddin menegaskan bahwa Dompu tidak hanya mengurus KONI tetapi masih banyak program lain yang menjadi prioritas untuk diselesaikan. Persoalan yang sama telah disampaikanya dalam rapat forum Muspida yang didalamnya juga hadir Bupati Dompu.

Rafiuddin juga menyayangkan ada pihak yang menyalahkan pernyataan pimpinan DPRD terkait dengan hal itu. Padahal pernyataan ketersediaan bonus bagi atlit sudah sesuai dengan porsi DPRD dalam melakukan pengawasan terhadap kinerja dan pemanfaatan keuangan daerah.

Pihaknya siap mempertanggung jawabkan terhadap anggaran yang digelontorkan pada KONI sebesar Rp 3,5 miliyar termasuk yang Rp 1 miliyar khusus untuk bonus atlit.

Rafiuddin juga tidak ingin menjadi kebiasaan seolah-olah DPRD tidak mendukung prestasi serta perjuangan bagi atlit yang telah menores prestasi diajang Poprov. Sebab pihak DPRD telah mengantisipasi dengan menambahkan anggaran Rp 1 miliyar untuk bonus atlit mengingat ditahun 2014 ada ajang bergengsi ditingkat propinsi.

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]