Yuliadin Bucek Kikuk Duduk Dikursi Goyang DPRD

140

Senin hari ini 29/9 30 anggota DPRD yang terpilih dalam Pileg lalu akan diambil sumpah dan janjinya dalam rapat paripurna yang digelar secara terbuka dihalaman kantor DPRD setempat. Minggu kemarin 30 anggota DPRD baru melakukan gladi resik sebagai semulasi terakhir tentang tata cara pengambilan sumpah dan janji anggota DPRD masa jabatan 2014-2019.

Tidak banyak yang aneh dalam simulasi (gladi resik) yang dilakukan kemarin, bahkan anggota DPRD incumben banyak yang tidak mengambil bagian karena lima tahun sebelumnya pernah mengalaminya. Tapi bagi ketua DPRD Dompu sementara Yuliadin, S Sos merasa cukup canggung dengan prosesi semacam itu, terutama saat duduk pertama kali dikursi pimpinan dewan sekaligus memegang palu kehormatan.

Pria ‘jalanan’ karena berprofesi sebagai wartawan dan aktifis ini merasakan sangat tak nyaman ketika duduk dikursi pimpinan yang selalu bergoyang. Berkali-kali politisi PAN asal dapil II Woja dan Kilo ini berusaha mengimbangi goyangnya kursi pimpinan saat dia menerima tampuk pimpinan DPRD, tetapi selalu saja tak mampu karena posisinya selalu bergeser kekiri dan kenanan.

Tak tahan dan kikuk duduk dikursi yang terus bergoyang, Yuliadin yang biasa dipanggil dengan Bucek ini terbangun dan menggerutu. ‘’Kok kursi ini terus bergoyang sih, saya jadi kikuk,’’ seloroh Bucek seraya berdiri dan meminta kepada Sekwan DPRD untuk menggantinya. Aksi Bucek ini mendapat perhatian pejabat sekretariat yang mengatur jalanya gladi resik dan datang menghampiri.

Bucek langsung meminta kepada Sekwan Drs H Sudirman Hamid, Kabag Persidangan Drs Rizman untuk mengganti kursi itu dengan kursi yang bisa diam. ‘’Tolong diganti kursi ini karena saya tak biasa duduk dikursi goyang,’’ pinta Bucek tiba-tiba.

Permintaan itu awalnya diterima oleh pihak Setwan untuk diganti dengan kursi yang lain. Tetapi petugas yang biasa mengatur kursi itu mengingatkan agar tak perlu diganti melainkan bisa dikunci sehingga sehingga tak bergoyang lagi. Petugas itupun langsung bergerak dan mengunci kursi bergoyang tersebut dan Bucek bisa duduk kembali dengan nyaman.

Secara umum gladi resik yang digelar kemarin berlangsung cukup lancar, Sekwan dan Kabag Persidangan yang memandu acara itu dengan telaten mengatur dari tahap ketahap hingga selesai. Hanya dikeluhkan karena digelar secara terbuka dibawah naungan terop dirasakan cukup panas.

Ketua DPRD Dompu Rafiuddin H Anas yang akan menyerahkan tampuk pimpinan kepada pimpinan yang baru minta agar pihak Setwan dapat menyediakan Ac atau kipas angin agar tidak terlalu panas saat diterpa terik matahari. Itupun telah disanggupi dan diusahakan akan menyediakanya. (*)

Komentar