Pimpinan DPRD Dompu Definitif Dilantik

0

DOMPU—Pimpinan DPRD Kabupaten Dompu definitif massa bhakti 2014-2019 dilantik dan diambil sumpah jabatan dalam sidang paripurna istimewa, Rabu (22/10) kemarin di Gedung Dekranasda Kabupaten Dompu. Proses pengambilan sumpah dipandu Hakim Senior Pengadilan Negeri (PN) Dompu, M Hasanuddin, SH, MH.

Pengangkatan pimpinan DPRD definitif, sesuai dengan keputusan Gubernur NTB nomor, 171/662/2014. Ketiga pimpinan DPRD dimaksud, Yuliadin, S.Sos (PAN) sebagai Ketua. Syirajuddin, SH (PPP) dan Muhammad Amin, S.Pd (PKB) masing-masing sebagai wakil ketua. Kegiatan pengambilan sumpah jabatan dihadiri Wakil Bupati Dompu, Ir. H Syamsuddin, MM, Unsur Muspida dan sejumlah pejabat teras dilingkup Pemkab Dompu.

Ketua DPRD Kabupaten Dompu, Yuliadin, S.Sos mengatakan, proses pembentukan pimpinan DPRD definitif dilakukan sesuai dengan amanat UU nomor 17 tahun 2014 tentang MD3. Dimana, pimpinan DPRD berjumlah tiga orang sesuai dengan jumlah anggota DPRD. Terdiri dari satu orang ketua dan 2 wakil ketua.

Ketiga pimpinan DPRD berasal dari parpol peraih suara atau kursi terbanyak urutan ke 1,2 dan 3 hasil Pemilu 2014. ‘’Pada tanggal 17 Oktober telah ditetapkan pimpinan DPRD. Keputusan DPRD kemudian diteruskan ke bupati untuk diusulkan ke Gubernur NTB,” katan Bucek sapaan Ketua DPRD ini juga menyampaikan tentang hasil pelaksanaan tugas ketika menjabat sebagai pimpinan DPRD sementara.

Dimana, telah dilakukan penetapan rancangan peraturan tata tertib DPRD nomor 1 tahun 2014. Pengelompokan anggota DPRD dibentuk 9 fraksi, dimana didalamnya terdapat 1 fraksi gabungan. ‘’Kami juga telah melakukan kegiatan orientasi aggota DPRD di Mataram. Dan menerima sejumlah aspirasi masyarakat sesuai dengan mekanisme yang ada,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Dompu, Ir H Syamsuddin, MM berharap, pimpinan dewan yang baru dilantik dapat berkiprah dalam membangun daerah. Didalam perjalanan kepemimpinan juga diharapkan mampu membangun perpolitikan yang sehat. ‘’Harus kita akui bahwa peran parpol melalui wakilnya di legislative telah banyak berbuat untuk daerah,” katanya.

Menurutnya, dalam membangun kehidupan bermasyarakat, akan tercapai apabila parpol mampu secara pro aktif melakukan langkah-langkah perubahan yang mengarah pada peningkatan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang makna demokrasi. ‘’Semangat yang akan kita bangun adalah semangat untuk siap berbeda pendapat dalam suasana saling menghormati,” tuturnya.

Perbedaan pendapat dalam demokrasi kata dia, adalah sebuah hal yang wajar dan dapat diterima. Namun, perbedaan diharapkan tidak sampai mengarah pada perselisihan yang bisa menggangu jalannya proses pembangunan. ‘’Kita berharap pada anggota dewan agar meneguhkan komitmen demokrasi yang utuh.

Menjauhi sikap dan prilaku politik yang yang dapat merendahkan martabat demokrasi,” harapnya. Mengakhiri sambutannya, wabup mengharapkan agar proses penetapan APBD Dompu tahun 2015 dipercepat, mengingat waktu tinggal menyisakan dua bulan. ‘’Penetapan APBD tepat waktu supaya pelaksanaan program dapat berjalan tepat waktu,” ungkapnya.

Komentar