oleh

Dampak Banjir Dompu, PDAM Macet Total, Listrik Padam

DOMPU—Bencana alam banjir bandang yang melanda Kabupaten Dompu, Sabtu (31/1) malam menyebabkan pendistribusian air dari sumber mata air Rora dan Kamudi terhambat. Kondisi ini mengakibatkan pasokan air di sejumlah pelanggan macet total. Khususnya, para pelanggan yang berada di wilayah Kecamatan Dompu dan Woja.

 

Direktur PDAM Dompu Drs Syamsul Huriah minggu (1/2) kemarin, mengakui kondisi tersebut. ‘’Bak penampung air kita dihantam banjir. Sejak semalam pendistribusian air bersih ke pelanggan macet total,” ungkapnya.

Bak penampung utama katanya, tertutup lumpur dan kerikil yang dibawa arus banjir. Sehingga, proses pendistribusian menuju instalasi pengolahan air terhambat. ‘’Air di instalasi pengolahan kosong. Inilah yang menyebabkan pendistribusian air menuju pelanggan macet,” katanya.

Sejak kejadian itu, pihaknya langsung melakukan proses penanganan cepat. Dengan melakukan upaya pembersihan bak penampung air. Hasilnya, sejak sore kemarin air di instalasi pengolahan Rora sudah mulai mengalir. ‘’Kita pastikan besok (hari ini) pendistribusian air ke wilayah Kota Dompu kembali normal,” tuturnya.

Upaya perbaikan juga dilakukan di bak penampung utama Kamudi. Sejauh ini proses perbaikan sudah mencapai 50 persen. Pihaknya akan berusaha untuk mempercepat perbaikan, sehingga pendistribusian air kembali normal. ‘’Kondisi sidemen di Kamudi cukup parah. Bahkan sudah mulai masuk ke pipa distribusi. Tapi, berkat kesigapan petugas kita, masalah itu mulai teratasi,” ujarnya.

Ia berharap kepada para pelanggan untuk bersabar. Karena saat ini pihak PDAM masih berupaya melakukan perbaikan. ‘’Kita targetkan dalam waktu dekat proses perbaikan rampung. Sehingga, kegiatan distribusi air bersih kembali lancer,” pungkasnya.

Selain itu, Sabtu malam juga terjadi pemadaman listrik secara keseluruhan. Pemadaman listrik terjadi hingga kondisi air banjir mulai surut. Pemadaman listrik ini cukup menyulitkan para korban banjir yang melakukan kegiatan evakuasi harta benda.

Sementara itu, untuk mengatasi kekurangan air bersih. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dompu melakukan pendistribusian air bersih ke sejumlah wilayah yang terkena dampak bencana alam banjir bandang. ‘’Distribusi air belum bisa kita sentuh secara keseluruhan. Karena keterbatasan armada,” ujarnya.

 

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]

News Feed