oleh

RSUD Dompu Akan Gelar Operasi Katarak Gratis

DOMPU—Bulan maret mendatang, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Dompu akan menggelar operasi katarak secara gratis. Operasi katarak ini merupakan salah satu rangkaian peringatan Tambora menyapa dunia (TMD).

 

‘’Direncanakan, operasi katarak akan dilakukan selama dua hari. Mulai tanggal 15 sampai dengan 16 Maret 2015 mendatang’’ ujar Direktur RSUD Dompu dr H Ahmad Faisal Spa dikantornya.

Operasi gratis seperti ini menurutnya mendapat animo yang tinggi dari masyarakat. Bahkan sampai dengan harir abu 25 pebruari telah terdaftar sebanyak 99 orang. Dikatakanya jumlah pasien tidak akan dibatasi. Pendaftaran masih dibuka bagi yang berminat. ‘’Para pasien ini sudah melakukan screening awal di RSU dan di Puskemas. Screening dilakukan untuk menentukan apakan pasien layak untuk di operasi atau tidak,” jelasnya.

Selanjutnya, para pasein tidak serta merta akan di operasi. Namun mereka akan kembali menjalani screening oleh dokter mata. Kata dia, Setelah tiga tahun, operasi ketarak baru kembali digelar. ‘’Operasi katarak kali ini akan melibatkan dokter spesialis mata dari Provinsi NTB,” katanya.

Diakuinya juga penderita penyakit mata didaerah Dompu masih cukup banyak, hanya saja usia mereka sudah tergolong lansia sehingga tak memenuhi syarat lagi untuk diperasi. Dalam kegiatan itu, RSUD Dompu hanya menyediakan fasilitas operasi. Sedangkan, obat-obatan akan ditanggung persatuan dokter mata. ‘’Kita berharap kepada para pasien katarak yang ingin operasi untuk segera mendatangi RSU dan Puskemas melakukan screening,” harapnya. (adv)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]

News Feed