oleh

Nelayan Soro Kempo Minta Cera Labu Segera Digelar

DOMPU—Nelayan Soro Kempo minta pemerintah daerah segera melaksanakan tradisi cera labu (selamatan laut,red) secepatnya yang merupakan rangkaian kegiatan Tambora Menyapa Dunia.

Pasalnya cera labu yang sedianya dijadwalkan pada 9 april 2015 kemarin sudah dipersiapkan dengan matang. ‘’Nelayan sudah menunggu tradisi itu segera dilaksanakan, semuanya sudah dipersiapkan,’’ ungkap salah seorang nelayan Abdurrahman.

Acara cera labu menurutnya tidak hanya sebuah tradisi seremonial, lebih dari itu merupakan sebuah cara berkomunikasi dengan mahluk lain agar senantiasa diberikan kemurahan rezeki.

Secara terpisah Kadis Pariwisata Kabupaten Dompu Dra Hj Sri Suzana,M.Si mengakui acara cera labu sengaja dipending dulu karena padatnya jadwal kegiatan.

Dalam jadwal diakuinya memang akan dilaksanakan pada tanggal 9 april lalu, tetapi pada tanggal yang bersamaan pemerintah dan panitia TMD sedang kosentrasi menyiapkan puncak acara dikawasan Doroncanga lerang Tambora.

Kini pihaknya kata Umi Nana sapaan Kadis Budpar ini tengah menunggu persetujuan Bupati Dompu tentang pelaksanaanya. ‘’Semuanya sudah siap, tinggal dilaksanakan saja,’’ pungkasnya.

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]