oleh

Operasi Simpatik Berakhir, Disiplin Lalin Dinilai Masih Rendah

DOMPU—Operasi simpatik aparat Polres Dompu selasa 21/4 kemarin berakhir. Operasi belasan aparat satlantas diperempatan lampu merah koramil kota Dompu mendapat perhatian para pengendara karena penampilan mereka berbeda.

Beberapa Polwan tampak kemayu dengan mengenakan perpaduaan kebaya tradisional Dompu. Sementara yang laki-laki mengenakan sarung songket lengkap dengan keris dipinggangnya.

Operasi seperti itu sudah berlangsung 21 hari lamanya. ‘’Ini hari terakhir, dan Ini bagian dari harmonisasi polri dengan pengendara. Himbauan dan penyuluhan kami utamakan’’ kata Kaur Mintu Sat Lantas Polres Dompu, AIPDA Awaulrrahman disela kesibukannya memimpin operasi Simpatik di lampu merah Koramil kota kemrin.

Menurutnya operasi simpatik ini lebih kepada membangun kesadaran berlalu lintas bagi pengendara baik roda dua maupun roda empat. Sementara berbicara tentang disiplin pengendara dalam berlalulintas dinilainya masih rendah.

Itu dibuktikan sejak digelarnya operasi simpatik sedikitnya ada 61 lembar surat tilang yang terpaksa diberikan petugas bagi pengendara yang diketahui melanggar. Dan sebanyak 350 teguran juga dikeluarkan oleh pihak Sat Polres Dompu.

Rata-rata, bentuk pelanggaran yang terjadi yakni pengendara tidak melengkapi diri dengan dokumen berkendara berupa Surat Izin Mengemudi (SIM), STNK dan juga Helm. ‘’Kesadaran warga masih minim. Disiplin lalulintas itu salah satu upaya mencegah kecelakaan,’’ ungkapnya lagi.

Ditengah minimnya kesadaran warga dalam mentaati aturan lalul intas, pihaknya tidak akan pernah berhenti dan terus melakukan upaya penyuluhan, bimbingan dan sosialisasi kepada semua komponen masyarakat. ‘’Kami datangi tiap sekolah berikan penyuluhan bagi siswa. Pengendara harus paham akan hak dan kewajibannya saat berkendara,’’ ujarnya.

Rata-rata insinden kecelakaan yang terjadi selama ini. Menurut dia, tidak serta merta bisa lepas dari pelanggaran disiplin lalulintas. ‘’Kecelakaan itu pasti didahului dengan pelanggaran,’’ tuturnya. Ia menghimbau kepada segenap masyarakat Kabupaten Dompu. Terutama para pengendara agar mau patuh dan taat terhadap aturan disiplin berlalu lintas.

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]