Bawaslu Tatar Saksi dan PPL

0

DOMPU—Sejumlah saksi pasangan calon dan petugas pengawas pemilihan lapangan (PPL) di Dompu ditatar kamis 3/11 kemarin. Kegiatan pendidikan dan bimbingan teknis (Bintek) dilakasanakan langsung oleh Bawaslu NTB dan berlangsung di gedung pemuda (GP) Dompu.

Ketua Bawaslu NTB Muhammad Khuwailid S.Ag. MH pada kesempatan itu menyampaikan, perlunya kegiataan itu dilaksanakan adalah untuk meningkatkan kualitas pemahaman para saksi yang diutus oleh masing-masing pasangan calon pada saat hari pencobloson tanggal 9 Desember nanti. ‘’Ini sebagai pembekalan terhadap saksi calon, termasuk untuk para PPL,’’ ungkapnya.

Dikatakannya, berdasarkan pengalaman yang ada selama ini disetiap perhelatan pesta demokrasi tak terkecuali Pilkada. Ditemukan beberapa kasus terjadinya kesalahan yang dilakukan oleh para saksi. ‘’Ada saksi yang melaporkan total suara kabupaten, provinsi dan pusat. Padahal total suara tidak sebanyak apa yang dilaporkan. Tentu ini akan berdampak pada sebuah gejolak. Dengan kegiatan ini setidaknya kita bisa mengerti apa yang seharusnya dilakukan,’’ jelasnya.

Kepada masing-masing tim pemenangan atau tim sukses pasangan calon, Bawaslu meminta agar dilaksanakan pula kegiatan pelatihan secara internal atau bimbingan ringan terhadap para saksi yang akan ditunjuk dan ditempatkan di TPS.

Khusus kepada para PPL, ketua Bawaslu secara tegas meminta agar bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan profesional. Sebab keberadaan PPL menjadi unjung tombak bagi Panwas di wilayah tingkat desa. ‘’Kordinasi harus intens dilakukan. Bekerjalah dengan penuh tanggung jawab,’’ pungkasya.

Komentar