Sudirman Terpilih Jadi Kades Lepadi PAW

318

DOMPU—Sudirman terpilih sebagai Kades Lepadi Kecamatan Dompu Pergantian Antar Waktu (PAW) dalam pemilihan yang berlangsung kamis kemarin. Dua kandidat tampil dalam pemilihan kades antar waktu yakni Sudirman dan M Yamin.

 

Periodesasi Kades Lepadi yang sebelumnya dijabat oleh Syarifuddin Nurdin sebenarnya 2013-2019. Tetapi karena yang bersangkutan tersangkut kasus dugaan asusila maka dia dicopot dari jabatanya sejak september 2014 lalu dan sejak itu pula jabatan Kades diambil alih oleh aparat Kecamatan Pajo.

Dalam pemilihan antar waktu yang berlangsung kemarin tidak melibatkan seluruh masyarakat. Tetapi dilakukan melalui perwakilan, tiap dusun diwakili oleh sembilan orang, sehingga jumlah keseluruhan yang ikut dalam pemilihan dengan sistem coblos berjumlah 51 orang.

Pemlihan itu sendiri berlangsung seru dan menegangkan, antar wargapun berusaha melakukan lobi-lobi. Hasilnya Sudirman unggul dari rivalnya M Yamin dengan perolehan 29 suara untuk Sudirman dan 22 suara untuk M Yamin.

Pantuan dilapangan pemilihan yang berlangsung dikantor Desa Lepadi itu berlangsung cukup demokratis. Satu persatu perwakilan warga memberikan hak suaranya. Setelah 51 warga tuntas memberikan hak pilihnya sekitar pukul 09.30 wita tuntas maka sekitar pukul 10.00 wita dilanjutkan dengan perhitungan suara.

Awalnya perolehan suara saling kejar, tetapi menjelang akhir suara tak terkejar lagi hingga terpaut 7 suara. Dengan perolehan itu sudirman dinyatakan menang dan berhak memimpin sisa jabatan hingga tahun 2019 mendatang.

Pemilihan itu sendiri mendapat pengawalan dari aparat Polres, TNI, Pol PP, pihak kecamatan serta BPMPD. Pelaksanaan itu sendiri berlangsung aman, terkendali dan kondusif.

Komentar