TTC Prihatin, Warga Kamudi Tak Dipasok Air Bersih

242

DOMPU–Miris bagi kehidupan warga di Dusun Kamudi Desa Rababaka Kecamatan Woja Dompu NTB, hidup miskin, terisolir dan tak dapat pasokan air bersih. Padahal di Dusun itulah sumber air diambil oleh PDAM.

Terpaksa untuk memenuhi kebutuhan hidup selama ini warga mengambil lansung di aliran suangai yang melitasi perkampungan tersebut. Organisi Tambora Trail Comunity (TTC) yang menyampangi perkampungan itu adalam kegiatan amal bagi-bagi sembako manyatakan sangat prihatin. ”Ini sangat ironis, bahan baku air PDAM diambil di Dusun Kamudi tetapi mereka tak dipasok air bersih,” ungkap koordinator TTC Imaduddin Thoby,SH usai mengunjungi kampung tersebut.

Tapi menurut Thoby pasca hadirnya proyek pembangunan Dan Rababaka Komplek, air dialiran sungai yang biasa jernih dan dapat dipakai langsung untuk kebutuhan sehari-sehari tak dapat digunakan lagi.

Hal itu karena adanya aktifitas galian C, mengambil material di sungai dengan menggunakan alat berat. Akibatnya sungai menjadi sangat kotor dan berlumpur. Tapi bagi anak-anak setempat meski air kotor tetap saja memanfaatkanya untuk mandi. ”Sehingga banyak anak-anak menjadi gatal dan jatuh sakit,” papar Dusun Kamudi Suhada.

Atas kondisi itu, TTC meminta pemerintah setempat dapat memperhatikan nasib warga Dusun Kamudi dengan menyediakan fasilitas air bersih. (thoby)

Komentar