Haji, Daftar Sekarang 2040 Baru Bisa Berangkat

392

DOMPU-Pembatasan jumlah kuota haji yang diterapkan oleh kerajaan Arab Saudi menambah panjang daftar tunggu bagi yang ingin menunaikan ibadah haji ke tanah suci Makkah. Untuk Kabupaten Dompu saja, mendaftar pada bulan sekarang (september 2016) akan mendapat giliran berangkat pada tahun 2040 mendatang.

Melihat rentang waktu yang cukup panjang banyak yang berpikir dua kali untuk mendaftar, terutama bagi mereka yang sudah berumurĀ  kepala lima. Data yang ada di Kementrian Agama Kabupaten Dompu memperlihatkan angka yang cukup tinggi yakni sebanyak 3.562 pada posisi akhir agustus.

Pembatasan jumlah kouta haji ini berkaitan dengan pembenahan sarana, prasarana serta fasilitas haji di Makkah. Kalau berbagai pembenahan sarana dan prasarana tersebut telah beres maka tidak tertutup kemungkinan jumlah kuota haji Indonesia akan meningkat. Itu artinya waktu daftar tunggu akan semakin pendek.

Kepala Kementrian Agama Kabupaten Dompu Drs H Syamsul Ilyas,M.Si meminta agar umat muslim tidak terpengaruh terhadap daftar tunggu tersebut. Sebab kalau kondisinya sudah membaik maka kuota dengan sendirinya akan dinaikan. ”Ingin berangkat haji tak perlu diulur-ulur, pada waktunya pasti akan berangkat,”saran Syamsul Ilyas.

Komentar