PHBI Tidak Lagi Salurkan Hewan Kurban

0

DOMPU-Penanganan hewan kurban pada Idul Adha kali ini berbeda dengan tahun lalu. Jika sebelumnya ditangani oleh PHBI, kali ini langsung oleh pemilik hewan kurban dan menyerahkan ke masyarakat yang membutuhkan.

Kabag Kesra Setda Dompu Drs H Julkifli Lubis SSos mengatakan, prosedur penyaluran tersebut sesuai surat perintah dari Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin. Dimana bagi SKPD maupun Instansi yang ingin menyerahkan hewan kurban bisa menyalurkan langsung pada masyarakat yang berhak menerima.

“Untuk masyarakat penerima itu sesuai pilihan pemilik hewan,” terangnya pada Radar Dompu, kemarin.

Sebelum hewan disalurkan ke masyarakat lanjut dia, lebih dulu pemilik melaporkan jumlah hewan yang disalurkan ke PHBI untuk didata. Sehingga dengan data tersebut, PHBI bisa menyimpulkan berapa jumlah hewan yang dikurban pada Idul Adha tahun ini sebagai bahan laporan.

“PHBI tugasnya hanya mendata jumlah hewan yang dikurban. Untuk penyalurannya dilakukan oleh masing-masing pemilik,” ujar H Jul.

Tidak hanya itu kata dia, hewan kurban juga harus diperiksa kesehatannya sebelum dikurban dan dibagikan ke masyarakat. Pemeriksaan itu dilakukan oleh tim khusus yang melibatkan dokter hewan dan petugas peternakan.

“Kita pastikan hewan yang dikurban oleh masyarakat bebas dari penyakit,” pungkasnya. (jw)

Komentar