oleh

Dikes Akan Tinjau Produksi Bakso dan Salome

DOMPU – Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu, akan segera menerjunkan tim untuk melihat dan mengecek semua industri pengolahan Bakso maupun Salome yang ada di Kabupaten Dompu. Hal itu dilakukan menyusul ditemukannya sejumlah pedagang bakso yang tidak menjaga higienitas makanan yang diproduksi.

“Nanti kami akan perintahkan Seksi Kesehatan Lingkungan untuk memantau tempat pengolahan makanannya (Bakso red),” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Gatot Gunawan, kemarin.

Kata Gatot, pihaknya juga akan mengambil sampel di tiap – tiap pengusaha bakso untuk dilakukan uji Laboratorium guna mengetahui higienitasnya, apakah tidak sterilnya itu dampak dari kontaminasi dengan kuman atau bahan kimia.

Dikes sendiri mengaku belum menerima laporan dari Dinas Peternakan terkait temuan beberapa pengusaha bakso yang tidak menjaga higienitasnya.

“Dikatakan tidak steril dari sisi apanya dulu, mudah – mudahan Dinas peternakan bisa tembuskan ke kami temuan itu, sehingga kami bisa prioritaskan pemeriksaan sampel,” kata Gatot.

Gatot mengaku, akan mengkoordiansikan dengan instasi yang mengeluarkan ijin apabila nantinya ditemukan bakso  yang tidak higienis. “Karena ini produk industri  nanti kita  koordianasikan dengan dinas terkait,” katanya.

Dijelaskan Gatot, banyak hal yang dilihat dari sisi higienisnya pengolahan bakso maupun salome, diantaranya tenaga kerja, lingkungan serta peralatan. Dari sisi tenaga kerja, dia harus menggunakan sarung tangan, pelindung kepala serta pakaian steril, untuk sisi lingkungan, pengolahan harus jauh dari tempat sampah dan peralatan harus bersih. (Cr-Pur)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]