oleh

puluhan Ekor Kuda Siap Berpacu

 

DOMPU–Meski puncak hari jadi Kabupaten Dompu yang ke 202 tahun telah berlangsung pada 11 April kemarin. Namun kemeriahan momen hari bersejarah Bumi Nggahi Rawi Pahu itu masih terus menggema hingga saat ini.
Salah satunya yakni semarak dan uforia para penggemar kuda pacuan. Mulai tanggal 29 April hingga 09 Mei nanti, pihak Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PORDASI) Kabupaten Dompu akan menggelar turnamen pacuan kuda.
Kegiatan yang telah menjadi agenda tahunan PORDASI ini akan di gelar di lapangan pacuan kuda kebanggaan warga Dompu, yakni di Lembah Kara, Desa Lepadi, Kecamatan Pajo.
Sebagai langkah dan upaya PORDASI Dompu dalam menyukseskan pelaksanaan pacuan kuda dimaksud. Jauh hari telah melakukan banyak persiapan dan salah satunya melakukan pembenahan arena dengan cara meratakan lintasan dengan alat berat. Dan juga pembangunan secara permanen terhadap rumah tinggi.
Rumah tinggi yang merupakan tempat atau wadah bagi para juri dan komentator serta tamu kehormatan kini telah di sulap menjadi bangunan permanen dan tampak lebih megah dari bangunan papan dan kayu yang menjadi simbol rumah tinggi di arena pacuan kuda, Lembah Kara, Lepadi, Dompu. “Ini rangkain pelaksanaan HUT Dompu dan Festival Pesona Tambora,” ungkap Jhon Wesley selaku ketua Panitia Pelaksana (Panpel).
Tahun ini, puluhan kuda yang akan berlaga di arena tidak hanya dari wilayah NTB. Tapi melainkan juga datang dari, Sumba NTT. “Bukan hanya pulau Sumbawa dan Lombok. Peserta ada kali ini ada datang dari Sumba juga,” katanya.
Sejumlah hadiah menarik seperti sepeda.motor dan ternak sapi telah disediakan khusus oleh pihak panitia. (BD02).

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]