BPBD Akan Gelar Simulasi Siaga Bencana

0
Warga Dompu yang tengah menghadapi musibah banjir

 

DOMPU–Sebagai salah satu daerah yang termasuk kategori rawan bencana banjir. Kabupaten Dompu terus melakukan tahap kewaspadaan secara dini.

 
Salah satu bentuk kewaspdaan dini tersebut yakni dengan menggelar kegiatan simulasi siaga bencana. Sebanyak 500 orang warga akan dipersiapkan untuk ikut serta dalam kegiatan simulasi siaga banjir dimaksud.

 
Rencananya kegiatan simulasi siaga bencana itu akan dilaksanakan Agustus nanti. Dan dipusatkan dilapangan beringin komplek kantor Bupati Dompu.

 
Kepala BPBD Dompu, Drs Imran HS menjelaskan pelaksanaan simulasi tersebut bertujuan agar warga bisa secara dini melakukan upaya pencegahan dan mengurangi resiko bencana. “Sebagai wadah melatih diri, terutama warga yang berada pada zona rawan banjir ” katanya.

 
Berdasarkan data BPBD Dompu, hampir semua wilayah kecamatan yang tersebar di Kabupaten Dompu masuk kategori rawan bencana. Jika musim hujan, kawasan ini selalu menjadi pusat perhatian dan bahkan dipantau secara khusus oleh pihak BPBD.

“Simulasi nanti juga kita libatkan instansi terkait dan unsur TNI Polri,” pungkas mantan Sekretaris Disbudpar Dompu itu. (DB02)

Komentar