Blangko KTP Kosong Lagi, Pelayanan Terhambat

0

DOMPU–Hampir sepekan warga Dompu tidak bisa membuatĀ  KTP. Hal itu disebabkan karena kekosongan blangko yang terjadi pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).
Untuk sementara waktu, warga yang akan mengurus atau mencetak KTP hanya bisa dilayani dengan surat keterangan (Suket) pengganti KTP.
Kekosongan blangko KTP ini memicu reaksi protes dan keluhan sejumlah warga. Terutama bagi warga yang akan mengurus kebutuhan administrasi rumah tangga dan keperluan sekolah anak-anaknya.
Tak ayal kondisi ini, kerap memancing suasana tegang antara warga dengan petugas Dinas Dukcapik setempat. “Masa kosong blanko berlarut-larut. Lantas sampai kapan kita harus tunggu. Harusnya diantisiapasi lebih awal jangan sampai kosong sama sekali,” gerutu Ahmad salah seorang warga.
Kadis Dukcapil Dompu Dra Sri Ratnasari yang dikonfirmasi membenarkan terjadinya kekosongan blanko KTP. “Iya benar memang stok blanko kosong,” katanya.
Saat ini pihaknya mengaku telah berkoordinasi dengan pemerintah Provinsi NTB untuk proses pengambilan blanko ke pusat. “Insya Allah minggu ini blanko sudah ada,” ujaranya.
Dijelaskan, proses pengambilan blanko KTP tidak bisa serta merta diambil pada posisi blanko masih ready stok. “Jadi blanko itu harus benar-benar kosong sama sekali, baru bisa kita lakukan pengambilan,” pungkasnya. (DB02)

Komentar