Ratusan Hektar Tebu PT SMS Terbakar

494

DOMPU-Ratuhan hektar lahan tebu milik PT SMS Doroncanga Kecamatan Pekat Dompu NTB terbakar. Kebakaran itu terjadi sejak siang sekitar pukul 13.00 wita, Minggu 17 September 2017.

Hingga malam ini kebakaran hebat masih terjadi, para karyawan tidak berdaya memadamkan api yang terus membesar, mereka hanya bisa menonton tanpa bisa berbuat apa-apa.

Sebuah mobil pemadam milik perusahaan keluar masuk kawasan tebu, tapi tampaknya tak mampu memadamkan api yang terus saja merambah dari blok yang satu keblok yang lain. Suara gemericik dari daun tebu yang dibakar sijago merah terdengar.

Salah seorang karyawan yang ditemui Soegiri mengemukakan kebakaran mulai terjadi sejak siang dan sore makin membesar. ”Kita tidak tahu lagi harus memadamkanya bagaimana karena api terus merambah kemana-mana,” ujarnya.

Pihak perusahaan juga belum tahu penyebab dari kebakaran itu. Boleh jadi ada oknum yang sengaja membakar atau karena tidak senjaga karena dengan puntung rokok saja bisa memicu kebakaran. ”Kondisi kemarau memang sangat rawan terhadap kebakaran,” ungkap dia.

Sementara itu akibat kebakaran hebat tersebut sejumlah pengguna jalan yang dari arah Kempo mapun arah Calabai sengaja berhenti untuk menyaksikan kobaran api dan bubungan asap hitam dari tebu yang terbakar.

Bahkan sejumlah diantaranya mengambil gambar baik dengan kamera foto maupun kamera video. (DB01)

Komentar