128 Mahasiswa Politeknis Mataram KKN di Dompu

221

 

 

DOMPU-128 Mahasiswa Politeknik Mataram melakukan KKN di Dompu. Mereka tersebar di tujuh Puskesmas yang ada di Kabupaten Dompu selama 14 hari.

 

Kadis Kesehatan Kabupaten Dompu Gatot Gunawan,S.Km saat menerima mahasiswa KKN Jum’at lalu menyatakan kehadiran mahasiswa KKN ini fokus melakukan pendekatan kesehatan masyarakat.

 

Per Puskesmas akan ditempatkan 18 orang mahasiswa, tugas mereka melakukan pembinaan, satu mahasiswa diharapkan mampu membina sedikitnya tiga kepala keluarga.

 

Pembinaan yang dilakukan terkait dengan indikator kesehatan, tentang gizi, kesehatan ibu,  promosi kesehatan, sanitasi, air bersih, jamban. Cuci tangan dan penyakit tidak menular seperti hipertensi, termasuk prilaku untuk mengajak masyarakat untuk menghentikan kebiasaan-kebiasaan yang berakibat buruk bagi kesehatan.

 

Seperti kebiasaan merokok, mahasiswa dikatakan Gatot diharapkan mampu memberikan pemahaman bahwa kebiasaan itu merugikan bagi kesehatan. ‘’Initia bagaimana mahasiswa bisa mengajak masyarakat untuk hidup sehat,’’ paparnya.

 

Kepada warga yang puskesmasnya menerima mahasiswa KKN diminta agar dapat bekerjasama dengan mahasiswa Politeknik untuk mempromosikan cara hidup yang sehat. ‘’Kita berharap kehadiran mahasiswa KKN diterima dan mampu memberikan hasil yang positif bagi peningkatan derajat kesehatan masyarakat,’’ pungkasnya. (nawir)

Komentar