Kunci Pembuangan Air Hilang, Sisa Banjir Lama Surut

219

DOMPU-Kunci pembuangan air Soriwono, Kelurahan Potu Dompu NTB hilang, akibatnya banjir yang masuk diperkampungan Senin, 05 Maret 2018 lama surut. Hingga selasa ketinggian air masih sepinggang orang dewasa.

Lingkungan Soriwono Potu memang terparah menerima dampak banjir, rumah-rumah penduduk tinggal kelihatan atapnya. Kondisi itu karena posisinya yang sangat rendah bahkan lebih rendah dari dasar sungai Laju yang melewatinya.

Mengantisipasi banjir seperti ini pemerintah membuatkan talut disepanjang alur sungai, bila banjir besar dan menghantam talud maka akibatnya sangat fatal rumah-rumah penduduk akan tergenang. Tetapi kalau airnya surut maka akan cepat pula airnya berkurang.

Tetapi pada banjir kali, air tak mau surut bahkan membentuk sebuah pulau kecil. Menurut beberapa warga sekitar kondisi itu terjadi lantaran air tak bisa dibuang kembali karena kunci pintunya hilang.

Hilangnya kunci pintu air karena juru kunci panik saat banjir datang dan tidak sempat menyelamatkan alat pembuka dan penutup pintu dimaksud. ”Sekarang masih dicari, mudah-mudahan bisa ditemukan,” ujar tetangga juru kunci Selasa kemarin.

Warga juga masih mencari cara lain agar air bisa terkuras habis, sebab pintu air belum dibuka maka selama itu pula air akan tergenang.

Komentar