Puskesmas Dobar Terakreditasi Madya

0

DOMPU-Kinerja Puskesmas Dompu Barat yang terletak di Kelurahan Montabaru Kecamatan Woja Dompu NTB patut diapresiasi. Hasil penilaian tim komisi akreditasi Fasilitas KesehatanTingkat Pertama (FKTP) memberikan nilai dengan status Madya dalam standar pelayanan kesehatanya.

Melalu surat keputusan Kementrian Kesehatan RI bernomor TU 01.03/6/6.14/85/2018 Puskesmas Dompu termasuk salah satu dari 9 puskesmas se NTB tertanggal 19 Pebruari 2018.

Penialain oleh tim akreditasi FKTP,  pada tanggal 27-29 Nopember 2017 lalu. Sebelumnya tiga puskemas, Puskesmas Dompu Kota, Ranggo dan Kempo telah dilakukan penilaian yang sama dan hasilnya terakreditasi dengan status dasar.

Kabid Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan (PSDK) Dikes Dompu Abubakar Husain,AMG menyatakan bersyukur karena dari hasil penilaian tim telah dinyatakan terakreditasi. Tinggal satu Puskesmas yang masih ditunggu hasilnya, yakni puskesmas Dompu Timur.

Pada tahun 2018 ini akan dilakukan lagi penilaian akreditasi terhadap empat puskesmas yang tersisa yakni Puskesmas Rasabou Hu’u, Puskesmas Soriutu, Puskesmas Kilo dan Puskesmas Calabai. ”Sebab targetnya tahun 2018 seluruh puskesmas harus terakreditasi,” ujar Abubakar.

Karena itu akan disiapkan tiga pokja yang dinilai yakni Pokja Administrasi dan manajemen, Pokja Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Pokja Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dengan sembilan Bab dan 776 elemen penilaian (EP).

Menghadapi penilaian diminta setiap puskesmas agar mempersiapkan diri sesuai dokumen dan SOP Permenkes 75 tahun 2014. ”Sebab puskesmas yang tidak terakreditasi tidak akan bisa bekerjasama dengan BPJS,”tandasnya.

Karena itu Dinas Kesehatan Kabupaten terus melakukan pembinaan dan pendampingan disetiap puskesmas yang akan diakreditasi maupun yang sudah diakreditasi. Hal tersebut agar pelayanan yang diberikan oleh puskesmas benar-benar maksimal dan dapat dirasakan oleh masyarakat.

Keberhasilan dalam meningkatkan mutu pelayanan ini tidak lepas dari dukungan penuh pemerintah Kabupaten Dompu yang memberikan perhatian serius disektor kesehatan. Karna semboyan pimpinan daerah Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin dengan slogan, kerja, kerja,kerja itu yang dianut oleh jajaran Dinas Kesehatan. (DB01)

 

Komentar