CEGAH ABRASI PANTAI DKP TANAM RIBUAN MANGROVE

Sosial & Budaya455 Dilihat

 

DOMPU–Upaya penyelamatan pantai terus intens dilakukan pemerintah, salah satunya dengan kegiatan penanaman pohon Mangrove.

Kamis siiang kemarin puluhan pegawai Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Dompu bekerjasama dengan Kodim 1614 Dompu dan Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu (BKIPM), Pokmaswas, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan melaksanakan kegiatan penanaman pohon Mangrove.

Lokasi kegiatan itu berlangsung disepanjang pantai Soro, Desa Soro Barat Kecamatan Kempo. Ribuan bibit pohon Mangrove ditanam secara rapi mengikuti garis pantai. Kadis DKP Dompu Ir Wahidin MSi kemarin tampak ikut aktif melakukan penanaman.

Ir Wahidin yang dikonfirmasi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya penyelamatan pantai dari ancaman Abrasi.
Karena catatan pihak DKP kondisi garis pantai di wilayah itu (Kawasan Teluk Saleh) terbilang cukup rawan. “Ini lebih ke program konservasi dan rehabilitasi pantai,” katanya.

Dengan adanya habitat Mangrove , Wahidin memastikan kelak ekositim laut sekitar kawasan itu akan terjaga dengan baik.
Karena Mangrove memiliki fungsi sebagai pelindung dan tempat ikan serta planton mencari makan. “Semakin banyak hutan mangrove akan lebih baik untuk ekosistim laut,” jelasnya. (DB02).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *