Mahasiswa Dompu Bima di Jogja Gelar Pawai Rimpu

0

DOMPU–Upaya meningkatkan animo kecintaan terhadap sejarah dan budaya tidak hanya dilakukan di daerah kita sendiri. Di luar daerah pun tradisi dan nilai budaya harus terus kita pertunjukan ke halayak ramai.

Seperti yang akan dilakukan oleh sejumlah mahasiswa dan pelajar asal Dompu Bima yang ada di daerah istimewa Jogjakarta saat ini. Melalui kegiatan malam keakraban (Makrab) para pelajar ini pada tanggal 25, 26 dan 2 September 2018 nanti akan menggelar pawai budaya dengan mengenakan pakaian adat Rimpu bagi kaum perempuan.

Selain sebagai wadah untuk mempererat silaturahim antara semua pelajar dan mahasiswa Dompu Bima se pulau Jawa. Tujuan utama digelarnya kegiatan akbar tersebut adalah untuk
mengangkat nilai-nilai kebudayan dan khasanah daerah.

Karena hal itu juga merupakan tanggungjawab pelajar dan mahasiswa selaku generasi penerus. Dan secara tidak langsung kegiatan itu sebagai pengakuan terhadap semboyan Bhineka Tunggal Ika. “Panitia menargetkan 1.200 orang peserta yang ikut pawai Rimpu,” ungkap Arif Rahman, koordinator kegiatan.

Ada banyak agenda kegiatan lainnya yang akan dihelat pada kegiatan dengan tema “Merajut Kebersamaan di Kota Budaya” tersebut. Saat Makrab nanti akan digelar Training Motivasi,  pelatihan Team Work dan saat pawai Rimpu akan ada seni gerak kolosal rimpu dan saremba tembe.

Lokasi Makrab yakni di Bumi perkemahan Kepurun, sedangkan untuk pawai budaya akan mengambil titik star di Mandalakrida – kridasono – gramedia – tugu – malioboro dan finish alun alun utara. Gelaran seni budaya tersebut merupakan hasil kreasi komunitas KASAMA WEKI NDAI MBOJO-DOMPU yang ada di Jogjakarta. (DB02)

Komentar