Awas, Warga Kota Dompu Terancam Diterjang Banjir Bandang

2075

DOMPU-Warga Kota Dompu NTB rupaya harus sudah bersiap-siap menjelang musim hujan tahun ini. Pasalnya banjir bandang telah mengintai dengan rusaknya sejumlah kawasan hutan yang menjadi penyangga selama ini.

Tengok saja disekitar Sori Kuta Desa Manggenae Kecamatan Dompu hingga keperbatasan Bima dan Dompu. Hutan lebat yang menjadi kebanggaan warga Dompu hancur dibabat.

Tidak ada upaya pihak pemerintah dan masyarakat untuk menghentikan aksi oknum masyarakat yang membabat habis-habisan kawasan hutan tersebut.

Pemandangan yang bisa disaksikan dijalan lintas Bima-Dompu kiri-kanan jalan habis dibabat. Kayu-kayu yang berumur puluhan bahkan ratusan tahun lalu dibabat dan dibakar habis.

Bahkan terlihat telah dibuatkan jalan khusus yang melingkari penunungan yang masuk dalam kawasan hutan tersebut.

Akibat hancurnya sejumlah kawasan hutan yang menjadi hulu sungai Rababalaju, maka sudah dipastikan sejumlah wilayah akan berdampak banjir bandang.

Seperti Lingkungan Pelita, RSUD Kelurahan Bada. Lingkungan Magenda, Soriwono Kelurahan Potu. Kelurahan Karijawa, Kelurahan Simpasai, Kandai dan Desa Wawonduru.

Pada saat hutan masih utuh wilayah-wilayah inipun kerap diterjang banjir, apalagi setelah hutan hancur dibabat dan dibakar. Perladangan liar oleh masyarakat karena tergiur dengan program jagung saat ini. (DB03)

 

Komentar