oleh

Hutan Rusak, Monyet Sori Kuta Terpaksa Ngemis di Pinggir Jalan

DOMPU-Rusaknya hutan dikawasan Sorikuta Kecamatan Dompu NTB dan sekitarnya ternyata tidak hanya mengancam warga Kota Dompu akan diterjang banjir bandang, tetapi juga telah mempengaruhi pola hidup monyet yang hidup dikawasan itu.

Coba anda saat lewat dijalan lintas Sumbawa tepatnya mulai Sorikuta hingga perbatasan Dompu-Bima perhatikan kondisinya.

Anda pasti menemukan segerombolan monyet ‘mengemis’ minta dikasihani manusia yang lewat. Begitu hewan ini mendengar ada kendaraan lewat mereka langsung berlari menyambut sambil minta sesuatu pada pengendara.

Kondisi ini baru tahun ini terjadi, biasanya monyet yang mangkal dipinggir jalan hanya ada di kawasan Manda Pangga Bima dan Tekasire Dompu.

Munculnya monyet mengemis dikawasan Sorikuta ini diperkirakan karena tidak tersedia lagi bahan makanan ditempat tinggal mereka dalam kawasan hutan. Hutan lebat disekitar itu tahun ini benar-benar dihabisin oleh oknum warga tanpa ada yang menghalanginya.

Bahkan dipermulus lagi dengan membuka akses jalan yang melingkari pegunungan.

Monyet mengemis ini memang terlihat kelaparan, sebab saat mengemis mereka tidak peduli lagi terhadap keselamatanya. Begitu ada kendaraan lewat mereka langsung menyambut dan berlari, berhenti setelah pengendara memberikan sesuatu.

Pemerintah nampaknya sudah mulai peduli terhadap kondisi hutan yang rusak. Hal itu terbukti setelah adanya pemberitaan tentang kondisi hutan yang rusak parah, para pejabat melakukan rapat penangananya.

Hasilnya pemerintah akan bekerjasama dengan elemen masyarakat untuk menjaga serta merehabilitasi kembali hutan yang rusak. (DB01)

 

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]

News Feed