Oktober Ini, DKP Dompu Gelar Lomba Cipta Menu Bahan Pangan Lokal

68
FOTO : Inilah contoh lomba cipta menu yang langsung dicicipi Bupati Dompu Drs H Bambang M Yasin pada tahun-tahun sebelumnya.

DOMPU-Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Dompu akan menggelar lomba copta menu berbahan pangan local. Lomba ini bekerjasama dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dibulan oktober 2018 ini bertempat gedung pemuda.

Lomba seperti ini adalah kegiatan rutin setiap tahun Dinas Ketahanan Pangan. Tapi yang berbeda pada tahun ini digelar diarena terbuka tidak seperti biasanya cukup digelar dihalaman kantor. ‘’Kita akan menggelar lomba ditempat terbuka, sehingga masyarakat luas bisa menyaksikanya,’’ ungkap Kadis DKP melalui Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan Kabupaten Dompu, Muhammad Fagih, S.Pt.

Dengan menggelar lomba cipta menu bahan local diharapkan masyarakat terbuka dan mengetahui bahwa disekitarnya sangat banyak potensi yang bisa dimanfaatkan sebagai menu makanan yang sehat. ‘’Target kita masyarakat luas bisa mengetahui dan memanfaatkan bahan pangan local sebagai menu andalan,’’ papar Fagih.

Meski lomba cipta menu ini digelar secara terbuka tambah Fagih, tetapi pesertanya dibatasi dan diwakilkan kepada 28 peserta yang terdiri dari delapan tim kecamatan, 10 tim PKK dan 10 tim dari Karang Taruna.

Para peserta akan berloma menyajikan makanan untuk keluarga, mulai dari sarapan pagi hingga makan malam. Sedangkan tim juri terdiri dari Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Kesehatan, PKK dan Tata Boga.

Menurut Fagih Bupati Dompu Drs H Bambang M Yasin sangat mengapresiasi lomba cipta menu ini dan diharapkan dapat hasil positif dalam memanfaatkan produk local. Produk pangan local itu seperti Singkong, Ubi, Jagung dan sejenisnya. ‘’Dan tidak diperkenankan memakai produk olahan seperti terigu,’’ jelasnya.

Karena itu lomba yang akan digelar pada 24 Oktober mendatang bisa disaksikan langsung oleh masyarakat luas, sehingga tertarik untuk memanfaatkan produk local. (DB01)

 

 

Komentar