Rentetan Kasus Bunuh Diri Warga Hu’u, Anggota DPRD Dompu Bersurat ke Bupati

0

DOMPU-Anggota DPRD Dompu asal Kecamatan Hu’u Dompu NTB Abdullah S Kel mengirim surat kepada Bupati Dompu terkait trend bunuh diri remaja putri di kecamatan terkait. Awal tahun ini saja hingga 18 maret sudah tujuh kasus minum racun, lima tewas dua masih dalam penanganan medis.

Menurut politisi PKS ini, kasus bunuh diri terus sambung-menyambung dan perlu ada langkah bersama agar kasus serupa tidak terulang. Fenomena yang terus berlangsung ini lanjut Dul sudah masuh pada Kejadian Luar Biasa (KLB). Ini surat Abdullah S Kel selengkapnya.

Kepada Yth:
Bupati Dompu dan Jajarannya
Muspida Kab.dompu
Serta Pihak-pihak terkait.

Memperhatikan Kejadian yg sungguh sangat luar biasa dg sekian Korban Meninggal yg menimpa Masyarakat Kec.Hu’u dan utk 2 hari ini telah terjadi 3 kasus bunuh diri dengan meminum racun, maka dari itu saya secara pribadi menyarankan agar MENGAMBIL TINDAKAN YG DIPERLUKAN AGAR MASALAH YG SAMA TDK TERULANG Menimpa msyrkt Kec.Hu’u dan Lainnya dengan:

1. Menetapkan status KLB utk kec.hu’u Kasus Bunuh diri dengan meminum racun.

2. Menetapkan Tim Khusus Yg akan bekerja secara sistimik yg melibatkan pihak2 terkait dlm penyelesaian kasus KLB yg menimpa msyrkt kec.hu’u.

3. Menugaskan khusus Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Agar Melakukan Pendampingan dan Monev terkait KLB Kec.hu’u.

4. Meminta semua toko yg menjual obat2 pertanian dan sejenisx AGAR diberikan HIMBAUAN KERAS TERTULIS sementra ini AGAR Tdk Melayani Pembeli / pelanggang yg akan membeli obat dg kadar berbahaya terutama pd usia anak dan remaja atas kebutuhan apapun..

5. Semua Pihak terutama ORANG TUA, SEKOLAH dan PEMDES setempat Agar Bahu membahu melakukan upaya bersama dlm menciptakan Iklim ramah anak dan secara terus menerus melakukan pembinaa, penyuluhan imtaq, Penguatan ketahanan Keluarga dll di rmh, lingkungan sekolah dan lingkungan tempt tinggalx msg2.

6. Meminta kepada MUI KAB.DOMPU agar mengambil peran dalam pembinaan mental spiritual msyrkt.

Demikian himbauan kami, semoga kita semua mengambil peran agar masalah ini dan kejadian2 Lainx tdk terulang lagi.

Dompu, 18 Maret 2019

Hormat saya,
ttd.
Abdullah.S.Kel. (DB03)

Komentar