Sapi Hajatan Warga Lepas Saat Hari H

14

DOMPU-Kasihan, seekor sapi jantan yang disiapkan untuk hajatan perkawinan lepas, padahal hari H pelaksanaan hajatan akan segera berlangsung, Sabtu 22/6/2019. Pemilik hajatan M Amin warga Desa Rababaka Kecamatan Woja Dompu NTB tentu saja merasa gelisah dan susah.

Informasi yang diperoleh sapi jantan itu hasil pemberian calon pengantin laki-laki yang berasal dari Desa Adu Kecamatan Hu’u. Sapi itu diantar, Kamis malam (20/6). Tapi paginya saat sapi itu beri makan lepas karena talinya terputus.

Warga yang menyaksikan sapi lepas berusaha menangkap kembali. Tapi sayang sapi tersebut lari masuk hutan dan menghilang. Mendengar ada sapi hajatan yang lepas, sebahagian besar warga Rababaka yang laki-laki langsung melakukan perburuan hingga masuk hutan.

Tetapi hingga magrib sapi itu tak kunjung ditemukan. ”Kami dari pagi berusaha menemukan sapi itu hingga masuk hutan, tetapi tak ditemukan,” ujar beberapa warga Desa Rababaka yang baru saja turun gunung.

Rencananya sapi tersebut akan disembelih pada Jum’at malam ini, karena sabtu siang akan digelar jambuta dan perjamuan oleh keluarga yang berhajat. Begitu juga bumbu masakan sudah disiapkan untuk memasak daging sapi. ”Ya mau bilang apa, sudah nasib,” ujar warga yang juga keluarga dari yang berhajat.

Belum diketahui bagaimana cara menanggulangi agar hajatan bisa berlangsung sebagaimana kebiasaan dengan menghidangkan makanan. ”Karena waktunya sudah sangat sempit,” keluar warga. (DB03)

 

Komentar