oleh

Iwan Sakral Nahkodai Komite SMAN 1 Dompu

DOMPU – Iwan Sakral, SH terpilih sebagai nakhoda baru Ketua Komite SMAN 1 Dompu. Dalam rapat yang dihadiri lebih kurang 800 orang tua dan wali murid SMAN 1 Dompu juga guru-guru SMAN 1 Dompu ini. Iwan terpilih bersama sejumlah tokoh pendidikan yang punya nama besar lainnya.

Dalam rapat yang dipimpin Kepsek SMAN 1 Dompu, M Ichsan SPd tersebut sebelumnya dibahas program sekolah dan prestasi-prestasi siwa di sekolah favorit tersebut. Terjadi juga usul saran dan pertanyaan-pertanyaan dari sejumlah orang tua dan wali murid yang hadir.
Di kepengurusan Komite yang baru ini. Selain Iwan Sakral, juga masuk sejumlah nama-nama besar tokoh pendidikan Dompu Seperti Drs Arifudin, Syamsudin SPd, Chaidir B Ahmad SSos, Faris, SPd, Dedi Kusnedi dan sejumlah tokoh pendidikan lainnya.

Kepsek SMAN 1 Dompu, M Ihsan pada sejumlah wartawan usai pelantikan pengurus Komite yang baru mengatakan. Sekolah sangat berharap sinergisitas antara sekolah dan Komite bisa berjalan dengan baik terutama dalam menjadikan SMAN 1 Dompu sebagai leader dalam hal mutu dan kualitas pendidikan. ‘’Peran Komite sangat penting. Apalagi Komite adalah perwakilan dari hampir 1000 orang siswa didik di SMAN 1 Dompu,’’ ujar Ihsan yang didampingi Wakasek Kurikulum Surya Dharma SPd.

Sedangkan Ketua Komite, Iwan Sakral menegaskan tugas Komite Sekolah bukan hanya menggalang dana. Menurut Pimpinan Media Koran Pagi ini, Komite Sekolah berdasarkan Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah bukan hanya sekadar menggalang dana ‘’ Komite Sekolah juga harus bisa memastikan kualitas pendidikan di sekolah baik dan meningkat,” ujar Iwan pada sejumlah awak media.

Dikatakannya. dalam Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 pasal 3 ayat (1) disebutkan bahwa Komite Sekolah bertugas mengawasi pelayanan pendidikan di sekolah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Komite Sekolah juga bertugas memberikan pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan terkait: kebijakan dan program Sekolah; Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah/Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RAPBS/RKAS); kriteria kinerja Sekolah; kriteria fasilitas pendidikan di Sekolah; dan kriteria kerja sama Sekolah dengan pihak lain.

“Termasuk juga pengawasan kinerja sekolah, serta menindaklanjuti keluhan, saran, kritik, dan aspirasi dari peserta didik, orangtua/wali, dan masyarakat,” kata Iwan
Ia berharap, Komite Sekolah yang dinahkodainya ini bisa memberikan energi baru secara nyata dalam jusaha menjadikan SMAN 1 Dompu terbaik dan tetap nomor satu dalam segala aspek. “Insya Allah, karena para pengurus ini rata-rata tokoh pendidikan yang sudah berpengalaman. Saya rasa komitmen kita semua akan sama. Yakni berusaha dengan segala cara agar sekolah kebanggaan ini benar-benar menjadi tempat terbaik,’’ tutup Iwan Sakral (DB03)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]

News Feed