oleh

Pawai Ta’aruf Diwarnai Aksi Protes Peserta

Dipicu Ketidak Ikut Sertaan Pejabat Pemkab

DOMPU-Kegiatan pawai ta,aruf yang dilaksanakan pihak Pemkab Dompu, Sabtu (31/08) sore tadi diwarnai aksi protes sejumlah peserta pawai.

Hal itu dipicu ulah para pejabat dilingkup Pemkab Dompu yang tidak ikut serta dalam kegiatan menyambut tahun baru islam, 1 Muharam, 1441 Hijriah yang jatuh pada hari Minggu esok.

Sejumlah peserta mengaku kecewa dengan ketidak hadiran dan ketidak ikut sertaan para pejabat dalam kegiatan pawai Ta, aruf tersebut. Peserta hanya didominasi oleh siswa dan guru sekolah semua tingkatan tak terkecuali murid TPA dan TPQ.

Ketidak ikut sertaan para pejabat baik pejabat di lingkungan Setda maupun dinas instansi itu menuai kekecewaan bagi para peserta pawai. “Ini hari besar islam harus kita rayakan secara besar-besaran. Dan umat muslim didunia merayakanya. Di Dompu kok para pejabatnya tidak mau peduli,” gerutu sejumlah peserta sesaat setelah finis dilapangan Karijawa, Dompu.

Sebagai bentuk kekecewaan para peserta juga tampak nekat dan memutuskan mengahiri aksi pawai mereka ditengah jalan dan tidak lanjut finis. Seperti yang dilakukan rombongan
SMU 1 Dompu, sejumlah murid sekolah top di Dompu itu terlihat kecewa dan terpaksa memotong kompas keluar jalur persis di bundaran PT Telkom dan balik arah menuju SMU 1 Dompu di jalan Soekarno-Hatta. “Ya percuma bang kita aja yang ikut merayakan. Sementara para pejabatnya tidak ada yang mau peduli. Padahal kami hadir karena ini undangan pihak Pemkab,” tukas Khaerudin SPd, pimpinan rombongan SMU 1 Dompu.

Ketidak ikut sertaan para pejabat Pemkab itu pun mengundang komentar dan sorotan dari komponen warga lainnya. Warga membandingkan dengan kegiatan pawai budaya yang kerap dilaksanakan pemerintah suasanya cukup meriah. “Pawai budaya dan gerak jalan 17 kilo kemarin pejabatnya ramai ikut dengan tampilan mentereng. Pawai ta, aruf tahun baru islam mobil dinas pun tidak ada yang ikut,” cetus ibu-ibu yang ramai nonton dipasar Dompu.

Pantauan langsung media ini diarena pawai Ta,aruf sore tadi suasana pawai tampak ramai oleh peserta yang didominasi siswa dan para pelajar semua tingkatan. Dan para guru serta pengurus TPA dan TPQ.

Meski tanpa hingar bingar kendaraan dinas dan para pejabatnya, pawai Ta,aruf yang tampak sederhana dengan alunan musik Drumband para pelajar itu berjalan dengan tertib dan lancar. Dilokasi finis para peserta pawai disambut dengan suguhan minuman ringan berupa air gelas dalam kemasan oleh panitia dari Bagian Kesra Setda Dompu. (DB02)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]