Dikejar Massa Pelaku Curanmor Amankan Diri ke Polsek

354

DOMPU-Nasib beruntung dialami Nadin (25) asal Dusun Tirta Mengi, Desa Riwo, Kecamatan Woja. Lelaki berperawakan tinggi kurus ini berhasil lolos dari amukan massa.

Dia dikejar sejumlah warga Desa Mangge Asi lantaran diduga mencuri sebuah sepeda motor milik warga setempat. Karena aksinya diketahui sang pemilik motor, spontan pelaku dikejar warga. Dan beruntung pelaku akhirnya bisa lolos dan lari mengamankan diri ke Kantor Polsek Kota Dompu.

Informasi yang diserap media ini, pelaku sekitar pukul 11.00 Wita diduga membawa lari sepeda motor Honda Supra 125 warna putih milik Hairil asal Dusun Rasanggaro, Desa Mangge Asi, Kecamatan Dompu.

Kebetulan saat itu motor tengah dibawa oleh adik korban untuk mengembalakan bebek ke areal persawahan di So Jero, Desa Kareke. Dilokasi ini pelaku diduga mengeksekusi motor korban.

Tapi sialnya, pelaku malah membawa kabur sepeda motor korban ke arah Desa Mangge Asi yang nota bene adalah kampung tempat tinggal pemilik motor. Begitu melintasi jalan kampung, warga pun mengenali kondisi motor. Spontan si pemilik motor dan sejumlah warga bereaksi dan mengejar pelaku.

Mengetahui nyawanya terancam karena massa mulai panas. Pelaku langsung meninggalkan sepeda motor yang dicuri dan menyimpannya dipinggir jalan. Masih dibawa ancaman kejaran massa, pelaku mengambil langkah seribu dan terus berlari ke arah Jalan Swete Kelurahan Bali Satu.

Aksi pelaku curanmor ini tergolong nekat. Bayangkan saja pelaku berhasil kabur dan lari dengan kaki telanjang sejauh kurang lebih 5 kilo meter sepanjang jalan mulai dari Dusun Saka Desa Mangge Asi hingga ke kantor Polsek Kota di Cabang Swete, Kelurahan Bali Satu.

Tidak sampai disitu. Selama upaya meloloskan diri dari kejaran massa pelaku juga beraksi bak seorang pendekar dengan menghunuskan sebilah parang. Aksi pelaku ini pun sempat menciutkan nyali sejumlah warga yang mengejar dari arah belakang dengan menggunakan sepeda motor.

Tak kehabisan akal, sesampai di lampu merah Swete, si pelaku langsung lari masuk menuju kantor Polsek Kota yang berada tak jauh dari cabang Swete. Meski demikian, massa pun makin beringas dan mengejar pelaku hingga ke dalam halaman kantor Polsek.

Meski bercampur kaget, petugas Polsek Kota langsung siaga mengamankan pelaku dan menenangkan massa yang berkerumunan didepan kantor Polsek.
“Saya kaget dikasih tau warga motor saya dibawa orang lain. Nyadar motor dicuri, spontan warga berhamburan kejar pelaku,” ungkap ungkap Hairil saat dikonfirmasi di kantor Mapolsek Kota Dompu, Rabu siang tadi.

Untuk mengamankan situasi dan menghidari aksi massa terhadap pelaku. Kapolsek Kota IPDA Zuharis langsung berkoordinasi dengan Polres Dompu untuk proses evakuasi pelaku ke kantor Mapolres.

Upaya menenangkan warga terus dilakukan pihak Polsek. Setelah situasi dianggap aman, dan dikawal ketat petugas akhirnya pelaku digiring dari sel tahanan dan diangkut mobil Dalmas menuju Mapolres Dompu. “Kita amankan ke Polres untuk proses hukum lebih lanjut,” kata Kapolsek Kota.

Sepeda motor Honda Supra dengan Nomor Polisi EA4594MA warna putih kini diamankan polisi sebagai barang bukti. (DB02)

Komentar