Puluhan Hektar Lahan di Taman Nasional Tambora Terbakar

63

DOMPU-Puluhan hektar lahan di kawasan Taman Nasional Gunung Tambora, saat ini hangus terbakar.

Petugas Balai Taman Nasional Tambora (BTNT) dibantu aparat Polres dan Kodim 1614 Dompu langsung terjun lokasi dan melakukan upaya pemadaman.

Tercatat dua pekan terakhir ini, sedikitnya ada 20 hektar lahan yang berada didalam kawasan Taman Nasional Tambora yang terbakar. Areal yang terbakar itu berada di wilayah Doroncanga. “Kurang lebih 20 hektar. Hot spot menyebar beberapa titik api kecil. Dan itu masuk resort Doroncanga,” ungkap, Murlan Dameria Pane, Kepala Balai Taman Nasional Tambora saat dihubungi media ini.

Meski api telah berhasil dipadamkan. Namun, pihak BTN Tambora bersama petugas TNI Polri yang tergabung dalam tim penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) hingga kini masih terus bekerja melakukan pemantauan dan pengawasan dilapangan, terutama pada kawasan yang dianggap zona rawan kebakaran.

Pihak Taman Nasional Tambora hingga kini belum bisa memastikan penyebab terbakarnya puluhan hektar lahan di kawasan gunung yang kini berstatus Geopark Dunia tersebut. “Penyebab masih dalam proses lidik belum bisa disimpulkan,” kata Murlan.Kawasan Doroncanga merupakan salah satu pintu masuk untuk jalur pendakian Gunung Tambora dan terkenal dengan jalur offroad. Jalur ini lazim digunakan sejumlah tamu dengan menumpang kendaraan roda dua berupa motor Trail dan mobil berpenggerak empat roda sekelas Jeep dan Hardtop. “Kunjungan pendakian jalur Doroncanga bulan kering saat ini memang tidak ada. Titik api juga agak jauh dari jalur pendakian,” ujar Murlan menanggapi kekhawatiran terhadap dampak kebakaran hutan di kawasan Taman Nasional Tambora. (DB02).

Komentar