Kades Terpilih Dilantik Desember Ini

138

 

DOMPU-Pelantikan terhadap sejumlah Kepala Desa (Kades) terpilih akan dilaksanakan pada bulan Desember akhir tahun ini.

Rencana pelantikan itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintah Desa melalui Kabid Pemdes, M Ali S Sos.

Menurutnya, tahapan kegiatan pelantikan itu akan dilaksanakan secara serentak pada pertengahan bulan Desember ini. “Insya Allah sekitar tanggal 20 Desember pelantikan dilaksanakan,” ungkapnya saat ditemui media ini.

Rencana pelantikan para Kades terpilih itupun telah disampaikan ke Bupati Dompu. Meski demikian, M Ali menyampaikan bahwa menyangkut lokasi atau tempat pelantikan itu pihaknya masih menunggu petunjuk bupati. “Teknisnya nanti kami masih menunggu petunjuk bapak bupati,” katanya.

Ia menuturkan, pihak panitia penyelesaian sengketa Pilkades telah merekomendasikan ke bupati untuk mengesahkan Kades terpilih dan peraih suara terbanyak sekaligus menolak semua bentuk gugatan yang disampaikan pihak penggugat terhadap munculnya persoalaan di empat desa saat pelaksanaan Pilkades beberapa waktu lalu. “Karena gugatan itu semuanya tidak memenuhi unsur,” tutur M Ali.

Dalam sengketa Pilkades. Sedikitnya ada tiga hal yang bisa disengketakan yakni praktek money politik, penggelembungan suara dan penyalahgunaan wewenang. “Hasil pleno rekpitulasi suarabyang tidak ditandatangi oleh calon itu tidak masalah dan tetap dianggap sah,” papar Kabag Pemdes menanggapi adanya beberapa calon kades yang menolak menandatangi hasil pleno.

Ia meminta kepada para Kades terpilih untuk tidak melakukan kontrak politik dengan masyarakat. Kades juga dihimbau agar tidak melakukan pemberhentian dan pengakatan perangkat desa tanpa melalui prosedur dan ketentuan yang berlaku. “Semua ada aturan mainnya. Dan itu wajib dipatuhi bersama,” tegas dae Elo sapaan akrab pejabat yang dikenal akrab dengan wartawan ini. (DB02).

Komentar