Ratusan Petugas Dishub Dompu Ditatar

27

DOMPU-Ratusan petugas dan pegawai tenaga kontrak pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Dompu, Rabu (27/11) pagi tadi ditatar dan diberikan pembinaan.

Kegiatan pembinaan itu berlangsung selama dua hari di gedung Sanggilo, Selaparang Desa Matua, Kecamatan Woja. Pembinaan ini diprioritaskan bagi para pegawai tenaga kontrak yang bertugas secara khusus dilapangan terutama dalam menangangi pengawasan lalulintas kendaraan dan parkir.

Selain Kadishub Dompu Ir Syarifuddin. Kegiatan pembinaan itu juga dihadiri Asisiten I Setda Dompu, Drs H Sudirman Hamid, Kasdim Dompu Mayor CZI Edi Gustaman dan juga dari unsur Satlantas Polres Dompu.

Kegiatan dengan titel pembinaan fisik mental dan seleksi tenaga kontrak Dinas Perhubungan Dompu tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas kinerja para pegawai terutama petugas lapangan dalam melaksanakan setiap kegiatan pengawasan. “Ini bagian dari seleksi. Rapor lama dan baru dinilai sekarang sehingga tersedia tenaga yang siap pakai,” ungkap Kadishub Dompu Ir Syarifuddin dalam sambutannya.

Adanya kegiatan itu menurut Kadishub harus disambut baik para pegawai dan tenaga kontrak. Sebab tujuannya tentu untuk menambah ilmu dan wawasan bagi masing-masing pegawai. “Jika ada yang tidak dipakai itu bukan kesalahan pihak panitia ataupun pelatih dan pembina. Tapi kembali ke disiplin dan kinerja pegawai sendiri,” kata Syatifuddin.

Dengan perkembangan zaman yang semakin terkini harus pula diimbangi dengan kualitas dan kemampuan secara mumpuni oleh para petugas dilapangan.
“Kita dituntut berkerja profesional dan optimal. Apapun hasilnya nanti ya itu adalah yang anda laksanakan,” ujar Syarifuddin sembari mengatakan bahwa dirinya tidak pernah malu turun ke jalan dan meniup pluit untuk mengatur lalulintas kendaraan meski dibawah sengatan terik matahari.

Sementara itu, Asiten I, Drs H Sudirman Hamid mewakili Bupati Dompu menyampaikan agar seluruh ASN di lingkungan Pemkab Dompu dan khususnya para peserta pembinaan untuk tampil lebih unggul dan tangguh dalam bekerja.

Sebagai abdi negara, ASN dan para pegawai menurut Sudirman harus bisa berkontribusi lebih dan bermanfaat bagi bangsa dan negara. “Nilai etos kerja harus kita tingkatkan. Jangan hanya indah di kertas. Tapi tidak mampu diimplementasikan dalam bekerja,” tuturnya.

Sudirman berharap dengan adanya kegiatan pembinaan tersebut. Mental dan fisik para petugas pada Dinas Perhubungan akan semakin baik. Dan membawa perubahan yang signifikan. Budaya gotong royong dan kebersamaan kata dia juga menjadi modal besar dalam melaksanakan tugas dikantor. “Jangan merasa dipaksa. Ikutilah pembinaan ini dengan keaungguhan hati,” pungkas mantan Kadishub Dompu era Bupati Syaifurrahman Salman itu. (DB02).

Komentar