Jalan Negara Rusak Ancam Keselamatan Pengendara

447

DOMPU-Ruas jalan negara lintas Tambora tepatnya di sepanjang jalan Desa Dorokobo, Kecamatan Manggelewa kini mengalami kerusakan berat.

Permukaan ruas jalan yang di aspal mulus itu kini tampak ambrol, retak dan membentuk lubang yang lumayan dalam. Retakan yang terjadi berbentuk memanjang persis ditengah badan jalan dengan panjang kerusakan berkisar puluhan meter.

Ditengarai kerusakan ruas jalan negara itu disebabkan karena pondasi yang dibangun kurang maksimal. Sehingga tidak mampu menahan beban, apalagi ruas jalan tersebut kerap dilintasi sejumlah kendaraan bertonase berat.

Kerusakan itu pun diperparah dengan kondisi tanah yang labil karena ruas jalan tersebut dibangun diatas areal persawahan. Kondisi ini mengundang reaksi sejumlah warga dan para pengendara.

Warga Desa Dorokobo meminta agar pemerintah melalui Dinas Pekerjaan Umum untuk segera bersikap dan melakukan tahap perbaikan. “Jangan tunggu korban jiwa baru diperbaiki. Terhitung puluhan kecelakaan motor terjadi akibat rusaknya jalan ini. Pemerintah harus cepat perbaiki,” ungkap Taufik, Kepala Desa (Kades) Dorokobo, kepada media ini, siang tadi.

Kecelakaan sepeda motor diruas jalan itu kata Taufik kerap terjadi terutama pada malam hari. Selain karena menghindari lubang ditengah jalan. Kecelakaan juga dipicu lantaran jarak pandang pengendara terganggu akibat tidak adanya penerangan lampu jalan. “Lampu jalan sudah kita usulkan tapi tak kunjung dipasang,” tukasnya. (DB02)

Komentar