Diterjang Banjir, Jalan Lune Jambu Nyaris Putus

1

DOMPU-Hujan yang turun beberapa hari terakhir ini menyebabkan terjadinya banjir disejumlah wilayah Kabupaten Dompu.

Meski tidak menimbukan korban jiwa. Namun sejumlah sarana jalan raya diwilayah desa dan kecamatan mengalami kerusakan bahkan ada yang nyaris putus akibat diterjang banjir gunung yang terjadi sejak beberapa pekan terakhir ini.

Seperti kondisi yang terjadi pada ruas jalan lintas Rabalaju Mbawi, Desa Lune dan Desa Jambu Kecamatan Dompu. Diwilayah ini, seluruh badan jalan tampak ditutupi sedimen lumpur tebal, kerikil dan batu.

Material ini terbawa arus banjir Turun ke areal pemukiman penduduk dan menggenangi permukaan jalan raya.
Bahkan menerjang masuk ke sejumlah lahan sawah dan ladang milik warga.

Derasnya arus banjir gunung yang menerjang. Beberapa titik ruas jalan Di Desa Lune Dan Desa Jambu kini mengalami kerusakan berat Dan nyaris putus.

Kerusakan terjadi lantaran ambrolnya gorong-gorong yang selama ini berfungsi sebagai saluran drainasi. “Kondisi ini segera kami tangani,” Kata Ir Abdul Muis, MSi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Dompu, saat turun lokasi.

Sejak Jumat (03/01) pagi kemarin, dibawah komando langsung Ir Abdul Muis, sejumlah tenaga teknis Bidang Bina Marga dan pegawai Dinas PUPR Dompu tampak aktif melakukan aksi pembersihan disejumlah ruas jalan yang menjadi lokasi banjir.

Sejumlah alat berat milik Dinas PUPR Dompu dikerahkan untuk membantu kegiatan dilokasi banjir. (DB02)

Komentar