Pilkada Dompu, Tiga Srikandi Bersaing Rebut PKB

185

DOMPU-Persaingan untuk mendapatkan partai politik pengusung menjelang Pilkada Dompu September 2020 mendatang makin ketat. Ini bisa dimengerti mengingat terbatasnya parpol dibanding dengan figur yang mencalonkan diri.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Dompu misalnya, kini tengah diburu oleh sejumlah figur untuk mendapatkan tiket menuju Pilkada mendatang. Informasi yang diperoleh ada tiga srikandi yang berebutan simpati disana.

Ketiga figur itu masing-masing Hj Nurlaela Chaerunnisa, dia politisi PKB dan di periode 2014-2019 menjadi anggota DPRD Propinsi PKB. Kini putri dari Ompu Beko (mantan Bupati Dompu) itu mencalonkan diri menjadi Wakil Bupati Dompu berpasangan dengan Abdul Kadir Kadir Jaelani.

Figur selanjutnya adalah Dina Imayanti, dia juga politisi dua periode menjadi anggota DPRD Dompu dari PKB. Kepentingan figur ini rebutan mendapatkan dukungan PKB adalah untuk suaminya Arifuddin SH Wakil Bupati Dompu sekarang.

Arifuddin akan maju menjadi calon Bupati Dompu dan saat ini tengah berusaha mendapatkan dukungan partai politik. Figur selanjutnya adalah Hj Ery Aryani, dia memang bukan politisi PKB tetapi menggunakan nama besar sumainya Bupati Dompu Drs H Bambang M Yasin.

Ketua DPC PKB Dompu Muh Amin S.Pd yang dikonfirmasi mengakui kalau tiga srikandi itu tengah berjuang untuk mendapatkan dukungan PKB sebagai partai pengusung. ”Iya betul ada tiga perempuan yang tengah berjuang mendapatkan dukungan PKB,” beber Amin.

Sayangnya Amin tidak bisa memastikan siapa diantara ketiganya yang akan direstui. Sebab menurut dia yang memiliki hak mutlak adalah DPP. ”Ketiganya berpeluang, tapi keputusanya tergantung DPP,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui PKB Dompu memiliki empat kursi di DPRD Dompu, partai yang didirikan Gus Dur ini adalah partai yang perolehanya kursi paling besar bersama dengan dua partai lainya.

Meski demikian untuk mengusung pasangan calon PKB tidak bisa sendiri melainkan harus berkoalisi dengan partai lain. Sebab jumlah minimal untuk mengusung calon adalah enam kursi dari 30 kursi di DPRD Dompu. (DB03)

 

 

Komentar