oleh

Warga Desa Bara Gelar Sholat Minta Hujan

DOMPU-Ratusan warga Desa Bara, Kecamatan Woja, Minggu (26/01) pagi tadi menggelar sholat Istisqa atau sholat meminta hujan.

Kegiatan sholat Istisqa digelar warga di sebuah lahan kosong di sekitar areal persawahan so Madarutu, desa setempat. Ratusan warga baik tua muda dan anak-anak tampak cukup antusias mengikuti kegiatan do,a meminta hujan tersebut.

Sholat Istisqa itu bertujuan untuk memohon dan mengharapkan ridho Allah untuk menurunkan hujan ke muka bumi. Sebab musim kemarau saat ini dirasa cukup berkepanjangan.

Sejumlah warga, umumnya para petani kini merasa khawatir dan cemas lantaran tanaman jagung dan padi mereka diladang rata-rata banyak yang rusak bahkan terancam fuso atau gagal panen akibat tidak juga diguyur hujan.

Selain warga dan petani. Sholat Istisqa itu juga dihadiri Kepala Desa Bara Andy Aswan dan Camat Woja Suherman SPt, termasuk warga dan petani lainnya.

Sholat dan doa meminta diturunkan hujan itu dipimpin oleh H Muhammad H Rajak. Dan pagi hari sebelum memulai Sholat Istisqa, ratusan warga terlebih dahulu menggelar Ngaha Kawiri (Makan Bubur).

Ngaha Kawiri merupakan sebuah tradisi turun temurun masyarakat Kabupaten Dompu. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memohon do,a kepada Allah SWT, agar warga kampung diberikan keselamatan dan dijauhkan dari segala marabahaya. “Ini semua sebagai wujud syukur kepada Allah SWT. Karena segala sesuatu yang terjadi dimuka bumi semua atas kehendak yang maha kuasa,” tutur Adi Kurniawan, tokoh pemuda Desa Bara, yang juga salah seorang inisiator digelarnya kegiatan sholat Istisqa dan Ngaha Kawiri pagi tadi. (DB02)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]