14 Atlet Dompu Wakili NTB di PON Papua

472

DOMPU-Sebanyak 14 orang atlet asal Bumi Nggahi Rawi Pahu akan mewakili Provinsi NTB di ajang Pekan Olah Raga Nasional (PON) yang akan digelar di Papua pada Oktober tahun ini.

Ke 14 orang atlet itu merupakan utusan dari 9 Cabang Olahraga (Cabor) masing-masing Tarung Drajat 4 orang, Panjat Tebing 2 orang, Futsal 2 orang, Voly Pantai 1 orang, Muathay 1 orang, Kempo 1 orang, Catur 1 orang, Atletik 1 orang dan Biliard 1 orang. “17 medali emas target KONI NTB. KONI Dompu siap sumbang 2 medali emas,” ungkap Putra Taufan, Ketua KONI Dompu kepada media ini.

Optimisme yang disampaikan Putra Taufan bukan isapan jempol belaka. Sebab, nama-nama atlet yang mengikuti PON Papua ini merupakan atlet unggulan yang dimiliki Kabupaten Dompu.

Sebut saja Danangsyah (Voly Pantai) dan Ardiansyah (Muathay) adalah atlet asal Dompu yang pada tahun 2019 kemarin telah berhasil mengharumkan nama Indonesia pada kejuaraan internasional yakni Sea Games dan kejuaraan dunia Muathay.

Atas sejumlah prestasi gemilangnya selama ini, para atlet itu saat ini bukan hanya menjadi atlet kebanggaan bagi warga NTB melainkan tercatat sejarah sebagai atlet kebanggan Indonesia. “Tentu ini menjadi semangat bagi atlet Dompu lainnya menyumbang medali emas untuk NTB di PON Papua nanti,” katanya.

Pada ajang PON Papua tahun ini menurut Putra Taufan terjadi peningkatan jumlah Cabor dan atlet asal Kabupaten Dompu yang mewakili NTB. Dibandingkan dengan PON pada tahun-tahun sebelumnya cukup minim.

Di ajang PON Jawa Barat 2016 silam, Kabupaten Dompu hanya mampu mengirim sebanyak 8 orang atlet dari 3 Cabor. Tentu angka ini jauh lebih meningkat pada PON tahun 2020 yakni 14 atlet dari 9 Cabor. “PON kali ini Dompu sebagai penyumbang atlet terbanyak ke dua setelah Kota Mataram, ” tuturnya.

Untuk lebih menyemangati para atlet yang akan berlaga di PON Papua nanti, jajaran KONI Dompu saat ini akan menyiapkan insentif tambahan untuk 14 orang atlet yang kini tengah mengikuti program Pelatda di Kota Mataram. “Kita harap atlet bisa lebih semangat dan fokus berlatih. Untuk bonus nanti KONI siapkan bersama pemerintah,” ujar Opan sapaan akrab Ketua KONI Dompu.

Opan berharap adanya kerjasama dan dukungan dari semua elemen masyarakat Dompu, agar niat dan kerja keras insan olahraga di Bumi Nggahi Rawi Pahu, terutama para atlet yang saat ini tengah berlatih dan mempersiapkan diri di Pelatda, kelak mampu meraih prestasi terbaik di ajang PON Papua nanti. “Do,a dan dukungan masyarakat Dompu sangat berharga bagi atlet kita,” tuturnya. (DB02).

Komentar