Warga Minta Pemkab Dompu Sediakan Masker

129

Hijrah Al Iqbal, salah seorang tokoh pemuda Kabupaten Dompu

DOMPU-Ancaman merebaknya virus Corona atau Covid 19 saat ini menjadi topik utama ditengah masyarakat, tidak terkecuali warga Bumi Nggahi Rawi Pahu.

Ditengah munculnya ancaman virus Corona tersebut, sejumlah warga meminta pemerintah segera mengambil bersikap untuk melakukan upaya pencegahan lebih awal salah satunya dengan menyediakan masker dan membagikannya ditengah masyarakat.

Hal itu penting dilakukan mengingat penyebaran Covid 19 melalui udara dan menyerang saluran pernapasan. Selain itu pula, keinginan agar pemerintah menyediakan masker bertujuan untuk membantu masyarakat karena fakta yang terjadi saat ini masker sangat sukar diperoleh.

Sejumlah toko dan apotek di Dompu rata-rata mengalami kehabisan stok. Jika pun tersedia tentu harganya selangit. “Nah, hal ini harus cepat disikapi. Pemkab Dompu segera menyediakan masker dan bagikan secara gratis ke masyarakat,” kata Hirjah Al Iqbal salah seorang tokoh pemuda di Kabupaten Dompu.

Menurut dia, upaya membagikan masker gratis ke tengah masyarakat saat ini dinilai sangat tepat. Sebab, menangkal serangan suatu penyakit itu jauh lebih efektif dengan pencegahan. “Kebutuhan masyarakat akan masker itu bagian dari upaya pencegahan,” ujar Iqbal.

Menanggapi hal itu, Jufri ST MT, selaku ketua Tim kerja pencegahan Covid 19 menjelaskan bahwa Kabupaten Dompu saat ini masih berada pada level daerah yang tergolong aman dari ancaman virus Corona. “Kita belum masuk zona merah. Kita fokus penyemprotan disinfektan saat ini,” katanya.

Penyemprotan cairan disinfektan Sabtu (21/03) pagi ini kata Jufri dilakukan di kantor Setda Dompu dan masjid raya. “Pencegahan yang tepat sekarang kita semprot disinfektan. Untuk masker nanti dilakukan bertahap,” ujarnya.

Dia menegaskan bahwa sampai hari ini, belum ada warga Dompu yang dinyatakan positif terjangkit virus corona. Sementara satu orang warga asal Kecamatan Manggelewa diakui Jufri masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit rujukan Bima dengan status masih dalam pengawasan. ” Hasil tes belum keluar. Dan alhamdulillah kondisi makin membaik,” tutur Bang Jeff yang juga Kepala BPBD Kabupaten Dompu itu. (DB02)

Komentar