oleh

Pemdes Matua Siapkan 6000 Masker Gratis untuk Warga

DOMPU, – Mengantisipasi penyebaran dan penularan Covid-19, Pemerintah Desa Matua, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu, menyiapkan 6000 masker untuk dibagikan kepada semua warga di Desa itu.

Saat ini, tercatat sudah 1000 masker yang telah dibagikan. Sararan pembagian tahap awal yakni di Dusun Rasanggaro Timur.

“Kemarin (Sabtu 25/04 red) kita sudah bagikan 1000 masker untuk Dusun Rasanggaro Timur, untuk hari ini akan dilanjutkan pembagian di Dusun Rasanggaro Barat,” ungkap Kepala Desa Matua Syam Firdaus.

Sementara masker susulan, rencananya akan dibagikan dalam waktu tiga hari kedepan, mengingat sebagian masker tersebut masih dalam tahap pembuatan. Untuk pengadaan masker lanjut Syam Firdaus, pihaknya memanfaatkan semua penjahit yang ada di Desa itu sendiri.

“Inshaa Allah, tiga hari lagi maskernya sudah selesai dan sudah bisa kita bagikan semua. Untuk pengadaannya kita langsung berdayakan semua penjahit yang ada di Desa kita, sesuai dengan harga yang disepakati,” terangnya.

Lebih jauh Syam Firdaus menjelaskan, masih ada 5 dusun yang akan menjadi sasaran pembagian masker lanjutan, diantaranya Dusun Selaparang Timur, Dusun Selaparang Barat, Dusun Perumahan Baru, Dusu Buncu Utara serta Dusun Buncu Selatan.

“Untuk pembagiannya kita langsung dor to dor ke rumah warga, dengan dibantu oleh Babinsa, Babinkamtibmas, perangkat Desa serta Relawan, ” katanya.

Selain membagikan 6000 masker gratis, sebelumnya Pemdes Matua juga intens melakukan penyemprotan disinfektan di pemukiman warga serta tempat-tempat ibadah, hal itu dilakukan guna memutus rantai penyebaran virus corona.

“Minggu lalu kita sudah lakukan penyemprotan disinfektan. Selain masker, kita juga akan membagikan sarana untuk mencuci tangan (ember dan sabun) yang nantinya akan ditempatkan di tempat-tempat ibadah serta di jalan-jalan masuk di tiap dusun,” ungkap Kepala Desa.

Syam Firdaus menghimbau kepada seluruh warganya, agar dapat memanfaat masker serta sarana cuci tangan yang telah disiapkan, guna mencegah penularan covid-19 dan memutus rantai penyebarannya.

“Untuk anggarannya, kita menggunakan dana APBDes Perubahan Tahun 2020,” ungkapnya. (DB05)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]