KPU Gelar Sosialisasi Lanjutan Tahapan Pilkada Dompu

39

DOMPU-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dompu, Kamis (02/07) pagi tadi kembali menggelar sosialisasi program, tahapan dan jadwal Pilkada Dompu.

Sosialisasi itu digelar aula kantor KPU setempat. Selain oleh jajaran KPU. Kegiatan tersebut juga dihadiri langsung Sekda Dompu H Agus Buhari SH, Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, pihak Kodim, Kejaksaan, Pengadilan dan sejumlah pimpinan OPD.

Penerapan ketentuan protokol kesehatan tentang pencegahan Corona Virus Dieses (Covid 19) tampak dilaksanakan oleh pihak KPU Dompu.

Seluruh peserta sebelum masuk ke arena sosialisasi diwajibkan mencuci tangan pada wadah yang disediakan. Satu persatu di cek suhu tubuh melalui Thermogun dan menggunakan masker. Karla duduk para peserta pun disturbing dan tidak boleh berdekatan. “Ini semua kelanjutan sosialisasi terhadap tahapan Pilkada Dompu yang sebelumnya terhenti akibat wabah Covid 19,” ungkap ketua KPU Dompu, Drs Arifuddin saat menyampaikan sambuntan singkatnya.

Arifuddin menegaskan, ditengah pandemi wabah corona saat ini pihaknya sangat berkomitmen dalam upaya pencegahan terhadap ancaman virus mematikan tersebut.

Pada kegiatan yang sifatnya mengumpulkang banyak orang, pihak KPU juga akan melakukan pembatasan terhadap peserta yang akan diundang.

Penegasan tersebut disampaikan Arifuddin lantaran mengingat keberadaan KPU sebagai lembaga penyelenggara pemilu yang tentu sangat erat kaitannya dengan kegiatan yang bersifat mengumpulkang orang banyak. “Protokol kesehatan tentang covid 19 wajib kami laksanakan. Seluruh penyenggara terutama petugas dilapangan harus lengkap dengan APD,” katanya.

Selain secara personal. Upaya lain yang dilakukan KPU yakni memperhatikan keamanan sarana dan perlatan yang digunakan dalam setiap tahapan pilkada.

Untuk keamanan dokumen dan berkas pihaknya kata Arifuddin akan menggunakan bahan plastik sebagai pelindung, karena dikhawatirkan akan dampak kegiatan penyemprotan cairan disinfektan yang akan dilakukan secara intensif nantinya. “Upaya pencegahan Covid adalah Tanggung jawab kita semua, jadi bukan hanya pemerintah daerah saja. Mohon kerjasama dan dukungan agar Pilkada kita berjalan dengan baik,” tutur ketua KPU Dompu.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dompu sejak awal cukup All Out berupaya membantu dan memberikan dukungan kepada pihak KPU Dalam rangka pelaksanaan Pilkada 9 Desember nanti.

Salah satu dukungan rill Pemkab Dompu yakni menyankut suport anggaran. “Pemerintah harus dukung maksimal terutama soal anggaran. Dan itu sudah kami Lakukan sesuai RKA yang disampaikan KPU,” kata Sekda Dompu Agus Buhari.

Suport dan dukungan lainnya pun kata Sekda saat ini pemerintah tengah menyiapkan DESK untuk menghadapi pelaksanaan Pilkada Dompu nanti. “Ini tindak lanjut hasil rapat dengan pihak Mendagri,” ujar Agus Buhari.

Pada kesempatan itu pula, Sekda menyinggung dugaan keterlibatan sejumlah oknum ASN Di Dompu berpolitik praktiks. “Rekomendasi KASN sudah kita laksanakan berupa hukuman ringan baik dengan teguran dan lisan,” Kata Agus Buhari.

Tanggapan itu disampaikan Sekda menyusul adanya sejumlah pertanyaan komponen masyarakat terkait sikap pemerintah atas perilaku para oknum ASN yang diajukan berlebihan Dalam menyikapi situasi politik menjelang Pilkada di Bumi Nggahi Rawi Pahu. (DB02)

Komentar