Nol Corona, Dompu Sekarang Zona Hijau

30

 

DOMPU-Wabah virus Corona atau Covid 19 saat ini disejumlah tempat melandai. Di Kabupaten Dompu, NTB pun kini sudah dinyatakan zero Covid 19 (Nol Kasus, Red).

Dengan demikian, Kabupaten Dompu saat ini dinyatakan berstatus Zona Hijau.
Terakhir ada lima orang warga Dompu yang kembali dinyatakan positif terpapar virus corona.

Setelah menjalani perawatan secara intensif di gedung Sanggilo, Dusun Selaparang, Desa Matua, Kecamatan Woja, ke lima warga yang menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) itu akhirnya dinyatakan sembuh dan dipulangkan ke rumah masing-masing. “Alhamdulillah saat ini kita Zero Covid 19,” ungkap Jufri ST, Sekretaris Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Dompu.

Ditemui media ini di kantor BPBD Dompu. Jufri menyampaikan dengan tidak adanya penambahan kasus baru, secara tidak langsung Kabupaten Dompu selama ini berada pada Zona Merah kini berubah status menjadi Zona Hijau. “Sekarang Dompu zona hijau,” kata Bang Jeff sapaan akrabnya.

Perubahan status ini pun tentu menjadi kabar gembira bagi masyarakat di Bumi Nggahi Rawi Pahu. Namun demikian, Jufri menegaskan bahwa status zona hijau tersebut bukan menjadi sebuah jaminan bagi sebuah daerah untuk bebas dan bersih dari wabah virus Corona. “Ancaman virus Itu tetap ada. Sekarang kembali ke pola hidup sehat kita,” ujarnya.

Ada tiga hal penting yang wajib diperhatikan dan diutamakan dalam upaya pencegahan terjadinya ancaman corona ditengah status zona hijau atau zero Covid 19 saat ini.

Ke tiga hal tersebut menurut Jufri yakni wajib menggunakan masker disaat akan beraktifitas terutama di luar rumah. Selalu menjaga jarak (Physical Distancing) dan menghindari kerumuman (Social Distancing).
Membiasakan cuci tangan dengan sabun atau menggunakan Hands Sanitizer. “Hal ini tidak boleh dianggap remeh. Kita berharap masyarakat punya kepedulian dan patuh terhadap anjuran pemerintah,” katanya.

Perihal adanya 6 orang personal KPU dan Bawaslu Dompu yang diketahui reaktif saat menjalani rapid tes terhadap penyelenggara pemilu beberapa waktu lalu. Menurut Jufri hasil tes Swab mereka dinyatakan negatif. “Dua kali Swab hasilnya semua negatif. Makanya kita sekarang zona hijau,” tutur Kalak BPBD Dompu itu. (DB02)

Komentar