Bimtek Tuntas Terlaksana, Peserta Study Tour ke Rinjani

55

DOMPU-Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) uji kopetensi dan sertifikasi puluhan pemandu wisata gunung lingkar Taman Nasional Tambora, telah tuntas dan sukses terlaksana.

Hasil Bimtek peserta selama dua hari dari tanggal 7 dan 8 itu telah ditangan pihak Asesor atau tim penguji, untuk selanjutnya dinilai kelayakannya apakah memenuhi unsur kompetensi atau tidak.

Prosesi penutupan kegiatan Bimtek Kompetensi dan sertifikasi Selasa (8/9) kemarin itu dilakukan langsung oleh Kepala Balai Taman Nasional Tambora, Yuniadi, SSi didampingi Kasubag TU, Deny Rahadi S.Hut

Tibalah saatnya Tambora Mennyapa Rinjani sebab malam itu pula kepala BTN Tambora melepas secara resmi keberangkatan 20 orang peserta Bimtek untuk melakukan studi banding ke kawasan Balai Taman Nasional Gunung (TNGR) Rinjani. “Tingkatkan kualitas ilmu yang diperoleh. Amati, Tiru dan Modifikasi (ATM) setiap apa yang dilihat selama tour. Dan yang utama jaga nama baik Tambora,” tutur Yuniadi.

Setelah melakukan perjalanan semalam. Rombongan peserta study Tour dari TN Tambora, Rabu (9/9) pagi akhirnya tiba dengan selamat di kantor Balai Taman Nasional Gunung Rinjani, jalan Lingkar Selatan, Kota Mataram.

Sekitar pukul 10.15 Wita, rombongan yang dipimpin langsung Kasubag TU TN Tambora, Deny Rahadi diterima secara resmi oleh Dwi Pangeztu selaku Kasubag TU TNGR.

Dihadapan pihak TNGR. Deny Rahadi menyampaikan ucapan terima kasih atas waktu dan kesempatan sehingga puluhan orang pemandu wisata gunung asal Taman Nasional Tambora bisa hadir di kawasan Rinjani untuk melaksanakan kegiatan study banding. “Ini menindaklanjuti Bimtek kompetensi dan sertifikasi. Dan dirasa perlu untuk belajar langsung dilapangan. Rinjani kami rasa tepat untuk belajar,” ungkap Deny.

Deny pun berharap agar peserta bisa memaksimalkan kesempatan yang ada untuk menimba ilmu tentang bagaimana mengembangkan sektor wisata di kawasan taman nasional Tambora. “Yang dilaksanakan ini bukan hanya untuk Tambora melainkan juga untuk kesejahteraan masyarakat lingkar Tambora,” ujarnya.

Ucapan selamat datang pun disampaikan Dwi Pangeztu. Pihaknya mengaku kunjungan pemandu wisata gunung Tambora itu merupakan kebangaan dan kehormatan tersendiri bagi jajaran TNGR. “Semoga peserta bisa saling belajar dan share tentang Rinjani dan Tambora,” katanya.

Mengawali kegiatan study tour, Deny Rahadi Dan Dwi Pangeztu mewakili kantor balai masing-masing, saling tukar cinderamata. Dan rombongan study tour melanjutkan perjalanan menuju kawasan wisata Senaru, di Kabupaten Lombok Utara (KLU). Disana peserta pada malam harinya akan mengikuti kegiatan forum diskusi dengan sejumlah Tracking Organization (TO) maupun pihak pelaku Agrowisata. (DB02)

Komentar