Kecewa Paslon SUKA Tidak Lolos Massa Pendukung Blokir Jalan Negara

790

 

DOMPU-Pasca penetapan KPUD Dompu yang mengumumkan pasangan calon Syaifurrahman Salman dan Ika Rizki Veryani (SUKA) tidak memenuhi syarat atau TMS, menuai reaksi.

Sejumlah pendukung dan simpatisan pasangan SUKA, Rabu (22/9) sore tadi menggelar aksi demonstrasi. Massa aksi juga nekad menggelar aksi blokir dan blokade jalan negara.

Aksi orasi jalanan yang digelar pendukung SUKA Rabu sore tadi terpusat di posko pemenangan, Jln H Abubakar Ahmad, Kelurahan Karijawa, Kecamatan Dompu atau tepatnya didepan kediaman ketua partai Golkar Dompu.

Massa yang kecewa dan tersulut amarah, tanpa dikomando langsung memblokade jalan dengan tumpukan batu, balok kayu dan bambu. Mereka juga membakar sejumlah ban bekas ditengah ruas jalan negara tersebut.

Massa aksi mengaku kecewa dengan kinerja KPUD Dompu. Mereka mempertanyakan ketentuan KPU yang menyatakan pasangan SUKA tidak memenuhi syarat (TMS). “Kenapa hanya SUKA. Kenapa pasangan lain yang bermasalah dengan ijazah dan KTP justeru diloloskan,” teriak pendemo.

Selain memblokir jalan dengan batu dan balok kayu. Massa pendukung Syaifurrahman Salman dan Ika Rizki Veryani juga menggelar aksi dangdutan dengan alat sound sistim dari mobil pic up yang standby.

Akibatnya, arus kendaraan di ruas jalan negara itu lumpuh total. Sejumlah pengendara terjebak kemacetan baik itu yang dari arah Bima maupun Sumbawa.

Aksi unjukrasa memprotes sikap KPU Dompu oleh massa pendukung SUKA itu sebelumnya telah terjadi sejak siang hari, pasca rapat pleno di kantor KPU.

Meski sempat mereda. Namun pada sore harinya, kekecewaan dan amarah para pendukung SUKA kembali berkecamuk dan akhirnya memblokade jalan.

Menjelang Magrib, pihak aparat kepolisian akhirnya berhasil memaksa pendemo untuk membuka blokade jalan. Tembakan air dari mobil water connan mengawali upaya petugas membuka barikade massa aksi.

Tidak sampai disitu, petugas juga terpaksa melepaskan tembakan peluru gas air mata ke arah pendemo. Alhasil upaya ini pun membuat massa aksi lari kocar kacir menyelamatkan diri.

Sekitar pukul 17.50 Wita, polisi akhirnya berhasil mengamankan situasi. Meski demikian, pantauan media ini, dibeberapa titik lainnya seperti di ruas jalan pertigaan Ginte, Kelurahan Kandai Dua juga terjadi aksi blokade jalan oleh massa pendukung pasangan SUKA.

Hingga berita ini dirilis aksi blokade ruas jalan utama kota Dompu di Kelurahan Kandai Dua, masih terus berlangsung. (DBDBq

Komentar