Tiga Bapaslon di Dompu Deklarasikan Protokol Covid 19

54

 

DOMPU-Tiga Bakal Pasangan Calon (Bapaslon), Senin (21/9) pagi ini menyatakan sikap bersedia mematuhi segala ketentuan protokol Covid 19 dalam setiap melaksanakan tahapan Pilkada.

Sikap sedia ketiga Bapaslon pada Pilkada Kabupaten Dompu itu, tertuang dalam acara deklarasi dan komitmen bersama yang dilaksanakan di kantor Polres Dompu, Senin pagi tadi.

Ketiga Bapaslon tampak penuh semangat datang menghadiri acara yang digagas oleh Polres Dompu itu. Masing-masing Bapaslon terlihat hadir lebih awal.

Bapaslon Abdul Kader Jaelani-Syahrul Parsan (AKJ-SYAH) terlihat lebih awal tiba di Mapolres, kemudian disusul Hj Eri Aryani-H Ichtiar Yusuf (Eri-HI) selanjutnya H Syaifurrahman Salman SE dan Ika Rizki Veryani.

Acara deklarasi dan komitmen bersama kepatuhan terhadap protokol Covid 19 selama pelaksanaan tahapan Pilkada itu juga disaksikan oleh parpol pengusung dan ketua tim pemenangan masing-masing Bapaslon.

Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin dan Sekda Drs H Muhyibudin MSi, Ketua DPRD Andi Bachtiar, Dandim 1614 Dompu Letkol Inf Ali Cahyono, SCom, Kajari Mei Abeto Harahap SH, juga tampak hadir dan menyaksikan langsung prosesi deklarasi.

Ketua KPUD Dompu, Drs Arifuddin dan ketua Bawaslu Dompu, Drs Irwan pun terlihat hadir. Acara deklarasi itu juga disaksikan oleh Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid 19.

Proses deklarasi itu ditandai dengan pembacaan empat butir komitmen yang disampaikan langsung oleh masing-masing pihak Bapaslon dan dipandu oleh Kalak BPBD Dompu, Jufri ST, yang juga selaku Sekretaris Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid 19.

Apapun isi komitmen bersama yang deklarasikan yakni pihak Bapaslon bertanggung jawab mengendalikan masa pendukung dalam setiap kegiatan dan tahapan Pilkada.

Pihak Bapaslon bersedia membentuk satuan tugas (Satgas) pengendalian disetiap tahapan pilkada yang dilengkapi sarana pendukung kepatuhan terhadap protokol kesehatan.

Selain itu, Bapaslon harus siap dilakukan testing, tracking dan treatmen apabila mengalami gejala Covid 19. Dan juga Bapaslon bersedia menerima sanksi administratif dan pidana sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dibidang protokol kesehatan serta peraturan lainnya.

Butir-butir deklarasi dan komitmen bersama Itu pun selanjutnya ditanda-tangani secara bersama oleh masing-masing Bapaslon. “Jangan hanya dijadikan ceremonial. Ini semua harus dipatuhi dan dilaksanakan,” tegas Kapolres Dompu, AKBP Syarif Hidayat dalam sambutan singkatnya.

Kapolres mengatakan persoalan yang tengah dilaksanakan ditengah pandemi Covid 19 saat ini merupakan tanggung jawab moral semua elemen termasuk pihak Bapaslon.

Dengan demikian persoalan kesehatan dan keselamatan menurut Kapolres menjadi hal utama yang wajib diperhatikan dalam setiap kegiatan dan tahapan pilkada yang dilaksanakan, terutama oleh pihak Bapaslon. “Silahkan lakukan dengan santun dan Damai. Karena siapapun pemimpin yang terpilih nanti adalah yang terbaik bagi kita semua,” pungkas perwira berkacamata ini.

Pantauan media ini, acara deklarasi Bapaslon yang digelar Polres Dompu itu berjalan tertib dan aman.

Pihak Polres Dompu tampak secara ketat menerapkan protokol kesehatan Covid 19. Semua tamu undangan wajib bermasker, mencuci tangan, melalui pemeriksaan suhu tubuh (Thermogun) serta duduk dengan menjaga jarak. (DB02)

Komentar