oleh

Hati-Hati OTG Sangat Berbahaya

OLEH : ABDUL MUIS

Pandemi Covid 19 di Daerah Kabupaten Dompu NTB masih berlangsung, korbanpun berjatuhan tak kenal kasta, Bupati, Wakil Bupati serta beberapa pejabat  eselon II terpapar positif hingga rakyat biasa. Tercatat 223 korban dinyatakan positif, 10 diantaranya meninggal dunia, lalu sampai kapan ini terjadi?

 

Tak ada yang bisa memprediksi pandemi Covid 19 ini akan berakhir kapan, tetapi usaha dari pemerintah dan tim gugus tugas terus dilakukan, diantaranya terus mensosialisasikan betapa pentingnya hidup sehat serta tata cara berprilaku standar protokol kesehatan, seperti membiasakan diri memakai masker, mencuci tangan serta menjaga jarak.

Sukseskah usaha itu, ternyata tidak sepenuhnya terlaksana, fakta dilapangan membuktikan masih terjadi prilaku yang berpotensi mengundang tersebarnya virus yang mematikan itu. Hajatan nikah, sunat/khitan maupun acara dengan mengundang banyak orang tidak sepenuhnya memperhatikan protokol kesehatan dengan tidak memakai masket, tak tersedia sarana cuci tangan serta tidak menjaga jarak.

PLT Kadis Kesehatan Dompu Maman, SKM membenarkan masih adanya oknum masyarakat yang tidak mematuhi standar Covid, padahal hal itu sangat berbahaya untuk dirinya serta orang lain. Melihat kasus terpapar yang terakhir sudah sangat sulit dideteksi korban pernah kontak trecing dengan siapa. ‘’Kalau sudah begini berarti kita sudah masuk pada fase transmisi lokal,’’ terang Maman.

Dan kalau itu yang terjadi maka semua elemen haruslah berhati-hati terhadap penyebaran Covid itu. Orang Tanpa Gejala (OTG) tentu akan ada disekitar kita tanpa diketahui, karena itu menurut Maman sebaiknya  siapapun merasa diri ada perbedaan dalam dirinya segeralah periksa kesehatan untuk memastikan apapah terpapar atau tidak.

Tetapi yang menjadi masalah lanjut dia ada keengganan sebahagian orang untuk memeriksakan dirinya karena khawatir terpapar. ‘’Ini juga yang menjadi masalah kita,’’ bebernya.

Untuk itu dia berharap agar semua elemen benar-benar bisa mematuhi standar kehidupan dengan protokol kesehatan. Surat edaran terkait dengan ijin keramaian juga harus menjadi perhatian sebab kalau itu diindahkan dengan tetap membiarkan orang berkerumun tanpa memakai masker, tidak mencuci tangan serta tidak menjaga jarak maka jangan berharap pandemi Covid 19 ini akan segera berlalu. (*)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]