oleh

Kapolda NTB, Lomba Kampung Sehat Tidak Saja Untuk Mencari Juara

DOMPU-Kapolda NTB Irjen M Iqbal meminta agar lomba kampung sehat yang kini tengah dilaksanakan tidak hanya untuk mencari sang juara, lebih dari itu untuk menumbuhkan kesadaran dan kebiasaan hidup sehat dan mematuhi protokol kesehatan dalam Pandemi COVID-19 itu yang utama.

Pernyataan itu disampaikan oleh ketua tim penilai lomba kampung sehat Provinsi NTB Joko Jumadi Sabtu 17/10 dalam sambutanya sesaat sebelum menilai Kelurahan Dorotangga salah satu kelurahan yang mewakili Kabupaten Dompu untuk Provinsi NTB.

“Ya, tujuan utama diadakan lomba kampung sehat untuk membentuk prilaku hidup sehat sehingga bisa memutus rantai penyebaran COVID-19,” katanya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Dompu Arifuddin SH, Sekda Dompu Drs. Muhibuddin M.Si, Kapolres Dompu Syarif Hidayat SH SIK, Dandim 1614 Dompu Letkol Inf Ali Cahyono S.Kom, Ketua Tim Penilai Lomba Kampung Sehat tingkat Provinsi NTB Joko Junadi serta anggota.

Usai acara pembukaan tim langsung melakukan penilaian dengan mendatangi dan mengecek beberapa potensi di kelurahan terkait. Diantaranya ,mengecek gudang Bank sampah serta kelengkapan pos Kamling di kelurahan tersebut.

Usai ketua tim menyampaikan sambutan tersebut, ia bersama tim didampingi Kasat Binmas Iptu Jailani, Kapolsek Dompu Ipda Kadek Suadaya, Camat Dompu dan Lurah Dorotangga mengecek Gudang Sekretariat Bank Sampah milik kelompok masyarakat Kelurahan Dorotangga diketuai Diaul Anhar dan melakukan pengecekan kelengkapan keamanan di Pos Kamling sekitar pukul 10.00 WITA.

Kemudian melihat dan mengecek kesiapan Posko Gerak Cepat Penanganan COVID-19 dan tempat Taman Baca di RT.001 Lingkungan Dorotoi sekitar pukul 10.50 WITA dan mengecek Rumah yang dijadikan tempat isolasi pasien Covid-19 yang berada di Kelurahan Dorotangga sekitar pukul 11.00 WITA.

Tim juga menyambangi rumah H Mustamin dan Hj Rosnani yang memiliki usaha Bidari Pahit (Kayu Songga ) yang merupakan obat Tradisional di simpangan Kodim RT.008 Lingkungan Jado sekitar pukul 11.20 wita’

Kapolres Dompu menyatakan, lomba kampung sehat tingkat Provinsi NTB di Kabupaten Dompu merupakan program Kapolda NTB untuk menumbuhkan kebiasaan hidup sehat dan mematuhi protokol kesehatan dalam pandemi COVID-19 serta memutus rantai penyebarannya.

Menurutnya, tidak menutup kemungkinan masih banyak masyarakat di Kab. Dompu belum sadar akan hidup sehat dan mematuhi protokol kesehatan sehingga potensi penularan COVID-19 di Kab setempat masih tinggi.

“Ya, tidak hanya itu, kami tetap melakukan koordinasi dengan instansi terkait, melakukan penggalangan dengan toga, toda, toma, melakukan pengamanan terbuka, tertutup dan monitoring setiap perkembangan situasi di lapangan guna terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif. Tutup Perwira menengah Polri bermelati dua tersebut. (DB01)

Komentar

Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Bijaklah dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA. Salam hangat. [Redaksi]